fbpx

Antasida Doen 10 Tablet : Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping

Okt 27, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Bagi anda yang sering mengalami penyakit asam lambung tentu Anda sudah sangat familiar dengan obat antasida. Obat antasida doen adalah obat yang mampu menetralkan asam lambung dan meringankan gejala penyakit asam lambung seperti rasa nyeri pada ulu hati, mual dan kembung (Baca juga 4 Cara Alami Mengobati Asam Lambung). 

Obat ini ini tersedia dalam bentuk tablet dan sirup yang mengandung bahan aktif alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. Perlu Anda ketahui, obat ini dijual secara bebas di pasaran dan dapat digunakan tanpa resep dokter. Anda tetap perlu memerhatikan aturan pakai dari obat ini. 

Salah satu obat antasida yang paling sering digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah Antasida Doen. Mungkin anda bertanya-tanya obat antasida doen itu apa? Apakah obat ini lebih efektif dalam mengatasi gejala asam lambung? Apakah obat ini aman untuk dikonsumsi dan apa saja efek sampingnya? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack  rangkum berikut ini. 

Informasi Obat Antasida Doen

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa obat antasida doen merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung seperti gastritis, tukak lambung, dan tukak usus dua belas jari . Obat ini digunakan sebagai obat antirefluks dan antiulserasi. Sama seperti obat antasida lainnya, Antasida Doen merupakan obat yang dijual bebas di pasaran dan dapat digunakan tanpa resep dokter.

obat antasida doen, antasida doen adalah
Obat antasida doen adalah obat untuk menetralkan asam lambung dan gejalanya seperti rasa nyeri pada ulu hati, mual dan kembung.

Antasida Doen merupakan obat antasida yang tersedia dalam bentuk tablet, tablet kunyah, dan suspensi. Obat antasida doen mengandung bahan aktif magnesium hidroksida sebanyak 200 mg dan aluminium hidroksida sebanyak 200 mg. Biasanya obat ini dijual dengan satuan strip, yang berisikan kan 10 tablet antasida. Obat antasida doen memiliki harga yang berkisar antara Rp5.000 sampai Rp15.000 di pasaran. 

Dosis

1. Tablet Kunyah

  • Orang Dewasa : Penggunaan obat Antasida Doen tablet kunyah pada orang dewasa biasanya diberikan dosis sebanyak 1-2 tablet yang dikonsumsi sebelum makan 3-4 kali sehari.
  • Anak Usia (6-12 Tahun) : Penggunaan obat Antasida Doen tablet kunyah pada anak usia 6-12 tahun diberikan dosis sebanyak ½ – 1 tablet yang dikonsumsi sebelum makan 3-4 kali per hari.

2. Tablet

  • Orang Dewasa : Penggunaan Antasida Doen tablet pada orang dewasa biasanya diberikan dosis sebanyak 1-2 tablet yang dikonsumsi sebelum makan 3-4 kali sehari.
  • Anak Usia (6-12 Tahun) : Penggunaan Antasida Doen tablet pada anak usia 6-12 tahun diberikan dosis sebanyak ½ – 1 tablet yang dikonsumsi sebelum makan 3-4 kali per hari.

3. Suspensi

  • Orang Dewasa : Penggunaan Antasida Doen suspensi pada orang dewasa biasanya diberikan dosis sebanyak 5-10 ml yang dikonsumsi 3-4  kali sehari.
  • Anak Usia (6-12 Tahun) : Penggunaan Antasida Doen suspensi pada anak usia 6-12 tahun diberikan dosis sebanyak 2,5-5 ml yang dikonsumsi 3-4 kali sehari. 

Kontraindikasi

Sebaiknya antasida doen tidak digunakan pada orang yang memiliki hipersensitivitas dengan kandungan antasida. Obat ini juga dapat menimbulkan kontraindikasi pada orang dengan masalah kesehatan seperti gangguan hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung (Baca juga Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penyakit Jantung). 

Selain menimbulkan kontraindikasi pada orang yang memiliki hipersensitivitas dengan antasida atau memiliki masalah kesehatan tertentu, obat ini juga dikontraindikasikan jika penggunaannya bersamaan dengan obat-obatan lain seperti cimetidine dan tetracycline. Jangan gunakan antasida doen pada anak dengan usia dibawah 6 tahun. 

Efek Samping

Perang terjadi penggunaan obat antasida doen dapat menimbulkan beberapa efek samping. Gejala efek samping yang umum terjadi biasanya berupa : 

  1. Diare 
  2. Sembelit
  3. Kelelahan tanpa penyebab yang jelas
  4. Nafsu makan menurun
  5. Dehidrasi

Jika gejala efek samping memburuk seperti timbulnya ruam, demam, muntah, hingga kehilangan kesadaran, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. 

Cara Penggunaan

Sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya baca dulu aturan pakai yang tersedia pada kemasan. Jika Anda belum memahami betul cara penggunaannya, tanyakan pada dokter atau apoteker untuk penjelasan lebih lanjut. Jangan melebihkan atau mengurangi dosis dari aturan pakai yang tersedia pada label kemasan. 

Penggunaan obat antasida akan lebih efektif jika sesuai dengan aturan pakai dan digunakan sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong. 

Cara Penyimpanan

Dalam menyimpan obat antasida doen sebaiknya simpan obat ini pada ruangan dengan suhu di bawah 30 derajat Celcius. Jangan simpan obat ini di tempat yang basah dan simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

Peringatan

Meski dijual di pasaran secara bebas, tetap ikuti aturan pakai yang tersedia pada label kemasan atau sesuai dengan rekomendasi dokter dan apoteker. Jangan mengurangi atau menambahkan dosis di luar label kemasan atau tanpa pengawasan dari dokter. 

Jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, vitamin, mau suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari terjadinya interaksi obat dalam tubuh. Jangan gunakan obat ini pada anak dengan usia dibawah 6 tahun. Anda juga perlu mengonsultasikan penggunaan obat ini kepada dokter jika akan digunakan pada ibu hamil dan menyusui.

Itulah pembahasan mengenai obat antasida doen 10 tablet yang perlu Anda ketahui. Bijaklah dalam menggunakan obat-obatan karena penggunaan obat-obatan secara tidak bijak dapat menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan. 

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis