fbpx

10 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Nov 8, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Penyakit yang dikarenakan oleh virus umumnya dapat membaik bahkan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika memang Anda memiliki sistem imun yang kuat. Tapi, ada pula kelompok penyakit yang disebabkan virus perlu pengobatan (Baca juga Jangan Keliru, Ini Perbedaan Virus dan Bakteri!).

Virus sendiri merupakan sebuah organisme yang memiliki ukuran begitu kecil, bahkan ukurannya lebih kecil daripada bakteri. Mikroorganisme tersebut untuk dapat berkembang biak  memerlukan inang yang hidup pula seperti hewan, manusia atau tanaman.

Penyakit yang disebabkan oleh virus bisa sangat beragam, yakni mulai dari yang ringan bahkan ada pula yang tergolong berat (Baca juga 8 Jenis Penyakit yang Disebabkan Virus).

Gejala Penyakit yang Disebabkan oleh Infeksi Virus

penyakit-yang-disebabkan-virus

Ada beberapa gejala umum yang muncul dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, beberapa gejala tersebut meliputi:

  1. Batuk dan bersin
  2. Muntah
  3. Diare
  4. Demam
  5. Kelelahan
  6. Kram

Nama Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

penyakit-yang-disebabkan-virus

Ada beberapa penyakit yang muncul dan ternyata disebabkan oleh virus, berikut daftarnya.

1. Pilek

Pilek merupakan jenis penyakit yang umum diderita, gejala yang timbul adalah bersin, hidung tersumbat, radang tenggorokan, serta batuk. Penyakit yang satu ini lebih banyak menyerang anak dengan usia dibawah 6 tahun.

2. Flu

Flu adalah salah satu penyakit yang disebabkan virus. Umumnya, flu memiliki beberapa gejala yang lebih serius jika dibandingkan dengan gejala pada pilek. Beberapa gejala yang dirasakan adalah meriang, mual, kelelahan, muntah, sakit kepala serta nyeri pada otot. flu sendiri lebih sering muncul di saat musim hujan. Hal ini dikarenakan iklim yang lembab yang dapat membuat penyebaran virus flu menjadi lebih cepat.

3. Cacar air

Cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit yang satu ini lebih umum dialami oleh anak yang berusia di bawah 15 tahun. Namun, orang dewasa juga bisa mengalami penyakit tersebut. gejala yang umum muncul adalah gatal serta ruam. Gejala ini bisa muncul di area dada, wajah, punggung, bahkan seluruh tubuh.

4. Demam berdarah dengue

Penyakit yang satu ini lebih sering ditemukan di daerah yang lembab serta hangat. Cara penularannya adalah melalui nyamuk aedes aegypti yang menggigit. Penyakit yang satu ini juga umum terjadi ketika musim penghujan. Gejala yang ditimbulkan meliputi sakit kepala, demam yang tinggi, munculnya ruam, nyeri pada sendi dan otot serta muntah (Baca juga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil Untuk Cegah DBD).

5. Chikungunya

Virus chikungunya dapat tersebar dikarenakan oleh gigitan nyamuk yang juga menyebarkan virus zika serta berdarah dengue dan virus zika. Gejala yang muncul dari penyakit ini adalah rasa nyeri pada sendi, serta demam. Gejala lain yang juga bisa muncul adalah pembengkakan sendi, sakit kepala, nyeri otot, serta ruam.

6. Rabies

Penyakit yang satu ini dapat disebabkan oleh virus rabies yang disebabkan oleh gigitan hewan. Gejalanya meliputi, sakit kepala, demam, kebingungan, ketakutan pada air, halusinasi, serta kelumpuhan.

7. Rubella

Penyakit yang satu ini sangat membahayakan bagi janin yang ada di kandungan. Pasalnya rubella dapat menyebabkan cacat bawaan sampai dengan keguguran. Gejala dari penyakit tersebut yakni, ruam yang muncul pada area wajah, setelah itu menyebar ke seluruh tubuh. selain itu, penderita juga akan mengalami demam ringan.

8. Zika

Penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus adalah zika. Virus zika dapat menyebar karena gigitan nyamuk. Namun, penyakit ini juga bisa menyebar dari aliran darah ibu ke janin namun karena hubungan seksual. Gejalanya yakni ruam, demam, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, gatal di seluruh bagian tubuh.

9. HIV/AIDS

HIV merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus HIV bekerja dengan cara melemahkan sistem imun penderitanya, caranya adalah dengan menghancurkan sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi. AIDS sendiri merupakan tahap akhir dari perkembangan infeksi HIV. Penyakit tersebut dapat menular melalui hubungan seksual yang beresiko. Selain itu juga bisa disebabkan karena pemakaian jarum suntik yang sama dengan orang yang telah terinfeksi HIV.

10. COVID-19

penyakit-yang-disebabkan-virus

Coronavirus disease 2019 atau yang juga disebut sebagai COVID 19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2. Gejala yang muncul dari COVID-19 yang paling umum yakni, batuk kering, demam, serta napas yang terasa sesak.

Selain 10 penyakit yang sudah disebutkan diatas, masih ada banyak jenis penyakit yang juga disebabkan oleh virus. Misalnya adalah kutil kulit, ebola, polio, serta rotavirus dan lainnya. meskipun sama-sama disebabkan oleh virus, namun penanganan setiap penyakit berbeda.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack, “Untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan terinfeski virus terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, yang didalamnya meliputi makan makanan bergizi seimbang, berolahraga, cuci tangan, memakai air bersih, menjaga kebersihan, membasmi nyamuk. saat masa pandemi juga dianjurkan selalu memakai masker saat beraktivitas diluar rumah.”

Penyakit yang dikarenakan oleh jangkitan virus memang bisa dilawan dengan menggunakan kekebalan tubuh saja. Namun, jika virus berkembang dengan cepat, maka kekebalan tubuh akan kalah, sehingga membutuhkan pengobatan. Misalnya adalah menggunakan obat antivirus yang dapat membantu untuk melawan virus tersebut. Penggunaan obat untuk meringankan gejala pun dibutuhkan, selain itu penggunaan obat yang berguna untuk meningkatkan sistem imun pun begitu penting.

Oleh sebab itu, penting untuk tetap memeriksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gejala dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis