fbpx

Syarat dan Ketentuan

Diperbaharui terakhir pada 26 Mei 2020

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa dari PT Indopasifik Teknologi Medika Indonesia kepada Pengguna terkait penggunaan layanan dalam aplikasi seluler Lifepack. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan memasang dan menggunakan aplikasi seluler Lifepack pada gawai Pengguna, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan aplikasi seluler Lifepack.

  1. Definisi

1.1. Lifepack adalah aplikasi seluler yang dikembangkan, dimiliki dan dikelola oleh PT Indopasifik Teknologi Medika Indonesia (selanjutnya disebut “ITMI”). Lifepack menjalankan kegiatan usaha jasa dalam bidang kesehatan yaitu menawarkan layanan penebusan resep obat dengan cara praktis, aman dan nyaman.Pengguna dapat memasang aplikasi seluler Lifepack dari Google Play Store untuk gawai dengan sistem operasi Android dan dari Apple Store untuk gawai dengan sistem operasi iOS.

1.2. Situs Lifepack adalah lifepack.id (selanjutnya disebut “Situs”).

1.3. Pengguna adalah individu yang dengan sadar, mampu dan secara hukum memasang dan menggunakan Lifepack pada gawai Pengguna.

1.4. Syarat dan Ketentuan Lifepack adalah perjanjian antara Pengguna dan ITMI yang berisikan peraturan yang mengatur tanggung jawab, kewajiban, hak Pengguna dan ITMI, serta tata cara penggunaan Lifepack.

1.5. Produk adalah benda yang berwujud memiliki fisik barang (obat) dapat diantar kepada Pengguna dan memenuhi kriteria pengiriman.

1.6. Kartu Kredit adalah sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh Bank.

1.7. Rekening resmi Lifepack adalah rekening bersama yang disepakati oleh Lifepack dan Pengguna untuk proses transaksi dalam Lifepack.

1.8. Perusahaan ekspedisi (selanjutnya disebut “Kurir”) adalah pihak penyedia jasa layanan pengiriman produk yang telah terverifikasi sebagai rekanan dengan ITMI.

  1. Ketentuan Pengguna

2.1. Pengguna adalah individu yang dengan sadar, mampu dan secara hukum memasang atau menggunakan Lifepack pada gawai Pengguna. Sehingga Pengguna mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan Lifepack.

2.2. Pengguna setuju untuk mematuhi seluruh peraturan yang berlaku di bawah hukum Republik Indonesia.

2.3. Pengguna adalah individu yang telah berusia minimal 21 (dua puluh satu) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan. Jika Pengguna berusia di bawah 21 tahun dan belum menikah, maka Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah memperoleh izin dari orang tua atau wali hukum, kecuali Pengguna menyatakan sebaliknya. Dengan memberikan persetujuan, orang tua atau wali hukum Pengguna yang berusia di bawah 21 tahun dan belum menikah setuju untuk bertanggung jawab atas:

2.3.1. Segala tindakan Pengguna terkait akses dan/atau penggunaan Lifepack;

2.3.2. Biaya apapun terkait penggunaan Lifepack; dan

2.3.3. Kepatuhan Pengguna terhadap Syarat dan Ketentuan Lifepack. Jika Pengguna tidak memperoleh izin dari orang tua atau wali hukum, Pengguna harus berhenti mengakses dan menggunakan Lifepack.

  1. Akun

3.1. Lifepack tidak memungut biaya atas pembuatan akun baru kepada Pengguna. Namun, koneksi internet dibutuhkan untuk mengakses dan menggunakan Lifepack, serta biaya terkait apapun (seperti biaya koneksi internet dan/atau biaya pemakaian jasa telekomunikasi) yang diperlukan untuk mengakses dan menggunakan Lifepack merupakan tanggung jawab sepenuhnya Pengguna.

3.2. Lifepack tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/atau ketentuan hukum serta perundangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan;
3.2.1.  Melaporkan Pengguna atas aktivitas mencurigakan atau ilegal apapun ke otoritas yang terkait;

3.2.2. Pembatalan pembuatan akun;

3.2.3. Penahanan akun sementara;

3.2.4. Penghapusan akun permanen;

3.2.5. Pembatalan dan penolakan transaksi Pengguna;

3.2.6. Mengambil langkah lebih lanjut yang dianggap perlu, sesuai kebijakan publik dan/atau ketentuan hukum serta peraturan perundangan yang berlaku.

3.3. Lifepack tidak akan meminta kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Lifepack menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Lifepack atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

3.4. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Lifepack jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.

3.5. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Lifepack tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.

3.6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk menggunakan fasilitas keamanan One Time Password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sebagai berikut (i) Rp 500 ditambah pajak 10% untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia; (ii) Rp 200 ditambah pajak 10% untuk Telkomsel.

  1. Penggunaan Layanan

4.1. Artikel Kesehatan

Konten artikel kesehatan yang diterbitkan oleh Lifepack hanya bersifat umum dan digunakan untuk mengedukasi Pengguna terkait layanan kesehatan dan medis tidak dianggap atau digunakan sebagai pengganti untuk saran, diagnosis atau perawatan medis.

4.2. Layanan “Bicara dengan Dokter”.

4.2.1. Bicara dengan Dokter adalah layanan yang disediakan oleh Lifepack untuk Pengguna berinteraksi dengan dokter melalui video call, voice call, maupun chat yang dapat diakses melalui aplikasi.

4.2.2. Pengguna dapat menggunakan layanan Bicara dengan Dokter dengan memilih menu tidak ada resep. Setelah itu Customer Service akan membantu menghubungkan Pengguna dengan Dokter.

4.2.3. Pengguna dapat berkonsultasi dengan Dokter melalui fitur video call, voice call, maupun chat yang akan disambungkan oleh Customer Service.

4.2.4. Pada saat berkonsultasi dengan Dokter melalui chat, Pengguna dapat mengirimkan gambar yang berkaitan dengan kondisi medis Pengguna kepada Dokter.

4.2.5. Setelah Pengguna selesai berkonsultasi, Dokter memberikan resep yang akan ditebus oleh Pengguna.

4.2.6. Resep yang ditebus akan diproses oleh Apoteker, dan obat dikirimkan oleh Kurir ke lokasi Pengguna yang tertera pada aplikasi Lifepack.

4.2.7. Dokter dapat melakukan upaya tindak lanjut kepada Pengguna untuk mengecek kondisi kesehatan Pengguna setelah selesai dilakukannya layanan Bicara dengan Dokter.

4.2.8. Beberapa penyakit yang memerlukan tatap muka secara langsung atau memerlukan pemeriksaan dari Dokter dengan spesialis tertentu, Dokter dapat memberikan rujukan ke Dokter Ahli sebagai referensi Pengguna.

4.2.9. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa layanan Bicara dengan Dokter tidak boleh dianggap menggantikan pemeriksaan fisik, diagnosis, perawatan dan pengobatan oleh Dokter pada umumnya atau tatap muka secara langsung.

4.2.10. Pengguna bersedia memberikan informasi dan menjelaskan gejala atau keluhan fisik yang Pengguna alami secara jelas dan akurat ketika melakukan percakapan dengan dokter melalui aplikasi Lifepack.

4.2.11. Pengguna dapat memberikan informasi mengenai data pribadi dan riwayat kesehatan, Lifepack akan menyimpan serta menampilkannya dalam akun Pengguna. Kerahasiaan data Pengguna terjamin dan akan digunakan oleh Lifepack untuk keperluan interaksi dengan Dokter dan keperluan pemesanan obat yang telah Pengguna setujui sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan Kebijakan Privasi.

4.2.12. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa percakapan Pengguna dengan Dokter akan tersimpan secara otomatis dan diarsipkan untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan Lifepack. Dengan menggunakan Lifepack, Pengguna mengetahui bahwa percakapan melalui fitur video call, voice call maupun chat akan direkam dan Pengguna bersedia untuk direkam. Kerahasiaan percakapan Pengguna terjamin dan informasi tidak akan disebarluaskan.

4.2.13. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa percakapan Pengguna dengan Apoteker Lifepack akan tersimpan secara otomatis dan diarsipkan untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan Lifepack. Kerahasiaan percakapan Pengguna terjamin dan informasi tidak akan disebarluaskan.

4.2.14. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa percakapan Pengguna dengan Customer Service Lifepack akan tersimpan secara otomatis dan diarsipkan untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas pelayanan Lifepack. Kerahasiaan percakapan Pengguna terjamin dan informasi tidak akan disebarluaskan.

4.2.15. Lifepack akan berupaya agar Dokter yang terdaftar pada Lifepack dapat memberikan tanggapan atas pertanyaan Pengguna sesegera mungkin. Namun dalam hal terjadi kondisi darurat termasuk tidak terbatas pada kondisi medis yang membutuhkan penanganan cepat atau pemeriksaan fisik oleh Dokter, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Lifepack tidak menyarankan Pengguna untuk menggunakan layanan Lifepack dalam kondisi medis yang darurat.

4.2.16. Lifepack berhak untuk memblokir atau membatalkan akun Pengguna apabila terdapat penyalahgunaan fitur Bicara dengan Dokter pada akun Pengguna.

 

4.3. Layanan “Tebus Obat”

4.3.1. Pengguna dapat melakukan pemesanan obat dan menebus obat untuk dibeli dan diantar.

4.3.2. Pengguna dapat menebus obat yang memiliki resep ataupun belum memiliki resep dengan konsultasi oleh Dokter terlebih dahulu.

4.3.3. Produk yang dapat dibeli oleh Pengguna adalah obat bebas (dot hijau), obat bebas terbatas (dot biru), obat keras (dot merah) dengan resep dokter.

4.3.4. Pengguna dikenakan harga barang dan tarif sebagaimana yang tertera pada aplikasi Lifepack.

4.3.5. Ketersediaan produk bervariasi tergantung pada persediaan obat yang dimiliki di Lifepack.

4.3.6. Daftar obat yang tidak tersedia di Lifepack, antara lain :

4.3.6.1. Obat keras yang termasuk dalam obat-obat tertentu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

4.3.6.2. Obat yang mengandung prekusor farmasi;

4.3.6.3. Obat yang termasuk dalam golongan narkotika dan psikotropika;

4.3.6.4. Obat yang memerlukan penyimpanan khusus;

4.3.6.5. Obat untuk disfungsi ereksi;

4.3.6.6. Sediaan injeksi selain insulin untuk penggunaan sendiri;

4.3.6.7. Sediaan implan yang penggunaannya memerlukan bantuan tenaga kesehatan;

4.3.6.8. Kosmetika sediaan kulit yang mengandung alpha hidroxy acid (AHA) dengan kadar lebih besar dari 10% (sepuluh persen); dan/atau

4.3.6.9. Kosmetika sediaan pemutih gigi yang mengandung dan/atau melepaskan hydrogen peroxide dengan kadar lebih besar dari 6% (enam persen).

4.3.7. Apabila pesanan sedang dalam proses pengantaran oleh kurir, maka Pengguna tidak bisa membatalkan pesanan yang telah dilakukan.

4.3.8. Apabila terjadi hal-hal di luar kuasa Lifepack, termasuk namun tidak terbatas pada gangguan cuaca, masalah pada kendaraan kurir, demonstrasi, pengalihan jalan dll. Pengguna memahami bahwa dalam pengiriman obat mungkin memerlukan waktu lebih dari yang diestimasikan.

  1. Transaksi

5.1. Pengguna hanya dapat melakukan transaksi sesuai Syarat dan Ketentuan Lifepack..

5.2. Pengguna hanya dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang tersedia dalam Lifepack yang telah dipilih oleh Pengguna. Lifepack berhak atas dana yang diterima dari Pengguna apabila seluruh tahapan transaksi pada Lifepack telah selesai.

5.3. Saat melakukan transaksi, Pengguna menyetujui bahwa:

5.3.1. Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan produk (termasuk di dalamnya namun tidak
terbatas pada warna, tipe, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat komitmen untuk melakukan transaksi;

5.3.2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa warna sebenarnya dari produk dalam foto-foto yang ditampilkan di Lifepack tergantung pada kualitas dan performa layar gawai Pengguna. Lifepack telah melakukan usaha terbaik untuk memastikan warna produk dalam foto-foto yang ditampilkan di Lifepack muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada layar gawai Pengguna akan akurat;

5.3.3. Pengguna bersedia masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum atas transaksi yang dengan sadar telah diselesaikan oleh Pengguna dengan melalui seluruh tahapan transaksi di Lifepack.

5.3.4. Pengguna wajib memperhatikan secara teliti intruksi terkait pembayaran pada aplikasi Lifepack. Kekeliruan pembayaran yang Pengguna lakukan sebagai berikut:

5.3.5. Pengisian nomor rekening Pengguna maupun nomor Virtual Account yang Lifepack tentukan untuk setiap pemesanan yang Pengguna lakukan;

5.3.6. Kesalahan dalam pembayaran atas pemesanan Penguna yang mengakibatkan berpindahnya dana Pengguna ke rekening atau Virtual Account yang tidak sesuai dengan instruksi pembayaran yang terdapat pada aplikasi Lifepack ataupun terdebetnya rekening bank Pengguna sejumlah nilai nominal yang tidak sesuai dengan instruksi pembayaran yang Lifepack berikan. Kesalahan dan/atau kekeliruan pembayaran sebagaimana disebutkan di atas tidak dapat dianggap sebagai pembayaran yang sah atas pesanan Pengguna. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujuibahwa Lifepack tidak memiliki kewajiban untuk melakukan pengembalian dana kepada Pengguna sebagai akibat dari kekeliruan ataupun kelalaian yang Pengguna lakukan sendiri. Sehingga dengan demikian
kerugian tersebut menjadi resiko dan tanggung jawab Pengguna.

5.4. Setiap pemesanan yang telah berhasil akan mendapat konfirmasi berisi uraian produk dan bukti pembayaran pada aplikasi Lifepack milik Pengguna. Pengguna bertanggung jawab untuk mencetak dan menjaga informasi produk dan bukti pembayaran pada aplikasi Lifepack milik Pengguna. Lifepack berhak untuk menolak memberikan produk atau pelayanan, apabila Pengguna tidak dapat membuktikan bahwa Pengguna telah secara sah melakukan pemesanan dan pelunasan pembayaran. Pengguna membebaskan Lifepack dari segala tanggung jawab dan kerugian dalam bentuk apapun.

5.5. Lifepack memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran atas transaksi dari Pengguna tanpa pemberitahuan terlebih dahuludari Lifepack.

5.6. Pengguna setuju untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti dan/atau data pembayaran kepada pihak selain Lifepack. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti dan/atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

5.7. Pengguna setuju bahwa setiap masalah pengiriman produk yang disebabkan keterlambatan pembayaran akan menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

5.8. Pengguna setuju bahwa masalah keterlambatan pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pengguna pergunakan dengan bank Rekening resmi Lifepack adalah tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

5.9. Lifepack berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Lifepack adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Pengguna untuk mematuhinya.

5.10. Apabila Pengguna memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi.

5.11. Pengguna wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Lifepack tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pengguna apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

  1. Tarif Pengiriman

6.1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Lifepack telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pengguna berdasarkan lokasi secara akurat, namun Lifepack tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.

6.2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman produk adalah di luar tanggung jawab Lifepack, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Pengguna untuk membatalkan atau tetap melakukan transaksi.

7. Kartu Kredit

7.1. Pengguna dapat memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi di dalam Lifepack.

7.2. Apabila terdapat transaksi dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar Syarat dan Ketentuan dan/atau ketentuan hukum serta peraturan perundangan yang berlaku, maka Lifepack berwenang untuk:

7.2.1. Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Lifepack, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari kerja;

7.2.2. Melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.

7.3. Apabila transaksi tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar Syarat dan Ketentuan dan/atau ketentuan hukum serta peraturan perundangan yang berlaku.

7.4. Transaksi yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya layanan sebesar 1,5% dari total biaya yang harus dibayarkan. Biaya layanan ini untuk pemeliharaan dan pengembagan sistem Lifepack.

7.5. Transaksi yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan dikenakan biaya layanan untuk pemeliharaan dan pengembagan sistem Lifepack, dengan rincian sebagai berikut:

7.5.1. Cicilan 3 (tiga) bulan sebesar 2.5% (dua koma lima persen);

7.5.2. Cicilan 6 (enam) bulan sebesar 3.5% (tiga koma lima persen);

7.5.3. Cicilan 12 (dua belas) bulan sebesar 6% (enam persen);

7.5.4. Cicilan 18 (delapan belas) bulan sebesar 6% (enam persen);

7.5.5. Cicilan 24 (dua puluh empat) bulan sebesar 6% (enam persen).

7.6. Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.

  1. Promo

8.1. Lifepack sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang menyesuaikan dengan kondisi masing-masing Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.

8.2. Apabila terdapat transaksi Promo dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit yang melanggar Syarat dan Ketentuan, maka akan merujuk pada Syarat dan Ketentuan bagian Kartu Kredit.

8.3. Lifepack berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan Promo, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menutup akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan, ketentuan hukum serta peraturan perundangan yang berlaku di wilayah negara Republik Indonesia.

8.4. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Lifepack untuk mengikuti setiap Promo. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau alamat yang sama dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari Promo.

8.5. Lifepack berhak mengubah Syarat dan Ketentuan setiap kegiatan promosi yang diadakan dari waktu ke waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.

  1. Pengiriman Produk

9.1. Pengiriman produk Lifepack wajib hanya menggunakan jasa Kurir yang tersedia dalam Lifepack.

9.2. Setiap ketentuan mengenai proses pengiriman produk adalah wewenang Kurir sepenuhnya.

9.3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman produk adalah merupakan tanggung jawab Kurir sepenuhnya.

  1. Refund / Pengembalian Dana

10.1. Pengembalian dana dari Lifepack kepada Pengguna hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu sebagai berikut:

10.1.1. Kelebihan pembayaran dari Pengguna atas harga produk;

10.1.2. Masalah pengiriman produk telah teridentifikasi secara jelas dari Kurir yang mengakibatkan pesanan tidak sampai.

10.1.3. Pengguna dapat mengembalikan produk yang dipesan, apabila:

10.1.3.1. Obat tidak sesuai dengan pemesanan;

10.1.3.2. Obat rusak atau tidak layak untuk dikonsumsi;

10.1.3.3. Obat diterima dalam keadaan patah atau pecah yang menyebabkan obat tersebut tidak bisa dikonsumsi;

10.1.3.4. Obat sudah terlewat dari batas waktu berlakunya.

10.2. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian dana akan dilakukan melalui rekening pembayaran milik Pengguna. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian terkait Kartu Kredit.

  1. Hak Kekayaan Intelektual

11.1. Hak kekayaan intelektual terhadap Lifepack dan layanan di dalamnya, dilisensi dan dikontrol oleh ITMI. Hanya ITMI yang berhak untuk menggunakan hak kekayaan intelektual Lifepack sejauh yang diizinkan oleh hukum.

11.2. Seluruh bagian dalam Lifepack tidak boleh diubah, direproduksi, direkayasa ulang, di-dekompilasi, dipisahkan, disalin, dipindahkan dengan cara atau metode apapun, atau disimpan dalam sistem pemulihan informasi, atau dipasang di server, sistem, atau peralatan apapun sebelumnya tanpa izin tertulis dari ITMI dari pemilik hak cipta yang relevan. Izin hanya akan diberikan kepada Pengguna untuk memasang dan menggunakan Lifepack untuk penggunaan pribadi, non-komersial, non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, tidak dapat dialihkan dan tidak dapat di-sublisensikan, serta bahwa ITMI atau pemilik hak cipta yang relevan tetap memegang seluruh hak cipta dan hak kekayaan intelektual lain yang terdapat dalam Lifepack.

11.3. Bagian manapun dalam Lifepack dan Syarat dan Ketentuan tidak akan dianggap sebagai memberikan, berdasarkan implikasinya maupun tidak, lisensi atau hak apapun untuk menggunakan (termasuk, sebagai meta tag atau ‘hot’ link ke situs web lain apapun) merek dagang apapun yang ditampilkan di Lifepack, tanpa izin tertulis dari ITMI (atau pemilik merek dagang lain apapun yang berlaku dan relevan).

11.4. Pengguna memberikan ITMI lisensi non-eksklusif untuk menggunakan materi atau informasi yang Pengguna cantumkan dalam Lifepack, termasuk namun tidak terbatas pada pertanyaan, ulasan, komentar, dan saran.

11.5. ITMI memiliki hak sepenuhnya untuk melakukan tindakan hukum terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna terkait dengan hak kekayaan intelektual terkait Lifepack.

  1. Larangan

12.1. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan gawai, perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi terhadap sistem Lifepack, termasuk namun tidak terbatas pada:

12.1.1. Manipulasi data Pengguna;

12.1.2. Memasang virus, trojan horse, worm;

12.1.3. Aktivitas perambanan (crawling/scraping);

12.1.4. Aktivitas otomatisasi transaksi;

12.1.5. Aktivitas yang mengakibatkan beban berat tidak wajar ke infrastruktur Lifepack atau tindakan lain yang beresiko menimbulkan masalah  material pada infrastruktur Lifepack;

12.1.6. Aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem Lifepack.

12.2. Pengguna dilarang untuk melanggar hak cipta, paten, merek dagang, rahasia dagang, hak kekayaan intelektual apa pun, hak publisitas atau privasi dari Lifepack atau pihak ketiga mana pun.

12.3. Pengguna dilarang untuk melakukan tindakan yang mencemarkan, memfitnah, mengancam, atau melecehkan Lifepack atau pihak ketiga mana pun.

12.4. Pengguna dilarang untuk memberikan informasi yang salah, palsu, tidak akurat, atau menyesatkan, menolak secara tidak wajar untuk bekerja sama dalam penyelidikan yang dilakukan oleh Lifepack atau memberikan konfirmasi mengenai identitas Pengguna atau informasi lain yang diminta oleh Lifepack.

12.5. Pengguna dilarang untuk menyebarkan atau mempromosikan materi tidak senonoh, pornografi, mengandung isu SARA, atau materi lain yang bertentangan dengan kebijakan publik dan/atau ketentuan hukum serta peraturan perundangan yang berlaku;

12.6. Pengguna dilarang untuk melakukan aktivitas apapun yang dapat menyebabkan Lifepack kehilangan akses dengan penyedia layanan internet, pembayaran, Kurir atau penyedia layanan lainnya.

  1. Penolakan Jaminan

13.1. Lifepack tidak memberikan pernyataan, jaminan atau garansi atas ketepatan waktu, keandalan kualitas, kesesuaian, ketersediaan, keakuratan atau kelengkapan layanan pada aplikasi Lifepack.

13.2. Lifepack tidak dapat menjamin operasi terus-menerus dan selalu sempurna. Informasi dan data yang ditampilkan dalam Lifepack memiliki kemungkinan tidak terjadi secara aktual. Pengguna setuju akan menanggung segala bentuk resiko atas pemasangan dan penggunaan Lifepack. Sejauh diizinkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundangan yang berlaku, Lifepack (termasuk ITMI dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Lifepack bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

13.2.1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Lifepack.

13.2.2. Informasi atau petunjuk lain yang tersedia dalam aplikasi Lifepack

13.2.3. Keterlambatan atau gangguan dalam layanan Lifepack akibat kendala pada jaringan seluler milik Pengguna dan/atau kerusakan pada gawai Pengguna.

13.2.4. Setiap penyalahgunaan produk yang sudah dibeli oleh Pengguna.

13.2.5. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual

13.2.6. Pencemaran nama baik pihak lain

13.2.7. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening resmi Lifepack, yang dengan cara apapun mengatasnamakan Lifepack atau kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.

13.2.8. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Lifepack.

13.2.9. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Lifepack.

13.2.10. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan aplikasi Lifepack.

13.2.11. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan produk yang diduga palsu dalam layanan Lifepack.

13.2.12. Tindak penegakan hukum dari pihak ketiga dan/atau pihak yang berkewenangan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.

13.2.13. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

13.2.14. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh pengguna;

13.3. Layanan yang diberikan kepada Pengguna sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, semua ketentuan, pernyataan dan jaminan, baik tersirat maupun tersurat, sah atau tidak, termasuk tetapi tidak terbatas pada jaminan produk dagang yang tersirat, keselarasan untuk tujuan khusus, atau ketiadaan pelanggaran atas hak pihak ketiga, dengan ini dikecualikan dan disangkal hingga batas tertinggi dan maksimal. Pengguna menyatakan dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul akibat penggunaan layanan Lifepack dari Pengguna mutlak merupakan tanggung jawab Pengguna, dan Pengguna tidak akan meminta jaminan apapun kepada Lifepack.

  1. Pembatasan Tanggung Jawab

14.1. Lifepack tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil maupun immaterial yang disebabkan oleh konsultasi Dokter dengan Pengguna melalui layanan Lifepack.

14.2. Ketepatan serta keakuratan Dokter dalam memberikan konsultasi dan resep akan bergantung pada informasi yang diberikan oleh Pengguna. Lifepack tidak bertanggung jawab atas setiap isi dan/atau pernyataan-pernyataan dalam percakapan yang dilakukan oleh Pengguna dengan menggunakan fitur video call, voice call, chat. Dalam hal tersebut merupakan percakapan dan interaksi pribadi antara Pengguna dengan Dokter dan jelas di luar kendali Lifepack, maka apabila dikemudian hari terjadi permasalahan hukum mengenai isi dan/atau pernyataan-pernyataan dari percakapan dan interaksi antara Pengguna dengan Dokter dalam fitur tersebut, sepenuhnya menjadi tanggungjawab Pengguna dan Pengguna membebaskan Lifepack dari segala tuntutan, dakwaan dan akibat hukum yang ada.

14.3. Pengguna setuju bahwa Lifepack tidak bertanggungjawab kepada Pengguna atau pun kepada pihak lainnya untuk segala kerugian yang disebabkan oleh tindakan yang diambil Pengguna atau pihak lain berdasarkan pemesanan obat. Ketentuan tersebut di atas akan tetap berlaku meskipun Pengguna tidak lagi menggunakan aplikasi Lifepack.

14.4. Pengguna setuju bahwa Lifepack tidak bertanggung jawab atas kandungan dan/atau efek obat yang dipesan.

14.5. Pengguna setuju bahwa Lifepack tidak bertanggung jawab dan dibebaskan dari segala tuntutan, gugatan, klaim atas kandungan dan/atau penggunaan dan/atau efek obat yang diberikan oleh Dokter.

  1. Pelepasan

Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna yang lain dan/atau pihak ketiga lainnya, Pengguna bersedia melepaskan Lifepack (termasuk ITMI dan karyawan) dari tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam ketentuan hukum atau peraturan perundangan yang berlaku) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

  1. Ganti Rugi

Pengguna bersedia melepaskan Lifepack dari ganti rugi dan menjaga Lifepack (termasuk ITMI dan karyawan) dari setiap tuntutan yang dilakukan oleh pihak ketiga, akibat penggunaan Lifepack yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga, yang timbul karena Pengguna melanggar salah satu, sebagian, atau seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan. Pengguna bertanggung jawab terhadap seluruh biaya sehubungan dengan tindakan hukum yang diambil termasuk biaya ganti rugi. Pelepasan kondisi ganti rugi ini akan tetap berlaku sesuai Syarat dan Ketentuan setelah penggunaan Lifepack oleh Pengguna berakhir, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan akun dan/atau aplikasi seluler Lifepack dalam gawai Pengguna.

  1. Pilihan Hukum

Syarat dan Ketentuan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun yang berhubungan dengan Syarat dan Ketentuan akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

  1. Keadaan Memaksa “Force Majeur”

Para pihak yang termasuk namun tidak terbatas dalam Syarat dan Ketentuan akan melepaskan tanggung jawab, kewajiban dan hak masing-masing jika terjadi kondisi luar biasa dan/atau dalam keadaan memaksa “Force Majeur”, yang termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kecelakaan armada transportasi, embargo ekonomi, kerusuhan, perang dan kekacauan sipil berskala nasional.

  1. Pembaharuan

Syarat dan Ketentuan dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pemakaian Lifepack yang berkelanjutan akan dianggap sebagai persetujuan untuk tunduk kepada perubahan atas salah satu, sebagian, atau seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan.

  1. Ketentuan Lain

20.1. Apabila Pengguna mempergunakan fitur-fitur yang tersedia dalam Lifepack maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala Syarat dan Ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut.

20.2. Dalam hal terdapat kesalahan informasi yang tercantum dalam aplikasi Lifepack, maka Pengguna setuju bahwa Lifepack dapat melakukan hal-hal tertentu, dengan atau tanpa alasan dan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, yaitu sebagai berikut:

20.2.1. Menyesuaikan / mengoreksi kesalahan informasi sebagaimana dimaksud;

20.2.2. Melakukan hal-hal lain yang dianggap perlu oleh Lifepack.

20.2.3. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam Syarat dan Ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada Syarat dan Ketentuan secara umum.

  1. Pemberitahuan
    Jika Pengguna memiliki pertanyaan terkait Lifepack, hak Pengguna untuk menghubungi di alamat email teman@lifepack.id