fbpx

Waspadai Minuman dan Makanan Penyebab Kanker Mulut!

Sep 24, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Penyakit kanker bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun, seperti paru-paru, usus, hati, payudara, serviks, prostat, ataupun mulut. Dan setiap manusia memiliki sel tersebut di dalam tubuhnya, sehingga semua memiliki risiko yang sama. Kecuali bagi mereka yang memiliki gen keturunan, risiko tersebut lebih tinggi. Sebelum melakukan pembahasan lebih lanjut, terdapat beberapa gejala kanker mulut yang perlu Anda ketahui. Umumnya gejala kanker mulut yang akan muncul berupa:

  1. Luka, iritasi, benjolan atau bercak tebal di mulut, bibir, atau di bagian tenggorokan
  2. Sakit tenggorokan atau terasa ada yang mengganjal di tenggorokan
  3. Kesulitan mengunyah, menelan, atau berbicara
  4. Kesulitan menggerakkan rahang atau lidah
  5. Pembengkakan rahang 
  6. Lidah atau bagian lain dalam mulut menjadi mati rasa
  7. Sakit telinga (Baca juga Penyebab Telinga Sakit dan Cara Penyembuhan Pertama)

Penyebab Timbulnya Kanker Mulut

Kanker mulut adalah jenis kanker yang sedang naik daun. Sayangnya, penyebab pasti dari kasus ini belum dapat diketahui. Namun, menurut hasil penelitian, sebanyak 75% dari kasus tersebut terjadi di negara-negara berkembang dan maju. Angka yang sangat mencengangkan, bukan? Lantas, faktor apa saja yang dapat meningkatkan risiko munculnya kanker mulut?

  • Perokok aktif
  • Pecandu alkohol
  • Paparan dari sinar matahari atau ultraviolet
  • Ada riwayat keluarga
  • Daya tahan tubuh yang lemah
  • Menderita penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease (Baca juga Mengenal Penyakit GERD).
  • Pernah menjalani pengobatan atau terapi tertentu
  • Terkena paparan bahan kimia jenis tertentu
  • Makanan 

Daftar Minuman dan Makanan Penyebab Kanker Mulut

Seperti yang sudah diulas di atas, faktor penyebab timbulnya kanker mulut sangat beragam. Namun, tidak dapat diurai satu per satu, melainkan perpaduan dari gaya hidup. Seperti istirahat tidak teratur, jarang berolahraga, merokok, sering minum alkohol, serta pola makan yang tidak sehat. Bukan hanya jam makan yang tidak teratur, tetapi juga dipengaruhi oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh. Lalu, apa saja minuman dan makanan penyebab kanker mulut?

1. Jenis Daging Merah

Makanan yang termasuk ke dalam kategori daging merah adalah daging babi, kambing, dan sapi. Jika dinalar, daging ini merupakan salah satu sumber mineral dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Ternyata, daging merah juga mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh yang dapat memicu perubahan sifat pada sel genetik. Sehingga jumlah pengonsumsiannya juga harus diatur, jangan sembrono. Terutama pada produk-produk olahan daging merah, seperti sosis, bacon, daging asap, maupun ham.

Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker atau IARC, produk makanan olahan di atas termasuk kategori bahan makanan yang mengandung karsinogenik. Yaitu zat yang dapat merusak sel-sel normal atau memengaruhi gen di dalam tubuh, lalu mengubahnya menjadi sel kanker. Dan akan menjadi sangat berbahaya, jika sel-sel ini tumbuh dengan sangat cepat dan agresif. Jumlah yang disarankan untuk konsumsi daging merah berkisar antara 70 gram per hari.

2. Minuman dan Makanan Instan

Daftar minuman dan makanan penyebab kanker mulut yang selanjutnya adalah minuman dan makanan instan. Beberapa penelitian mengemukakan, bahwa tidak sedikit makanan kemasan atau kalengan mengandung senyawa akrilamida yang dapat memicu tumbuhnya kanker. Senyawa ini terbentuk karena adanya pemanasan berlebih pada makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Selain itu, makanan atau minuman kemasan seperti ini juga mengandung :

  • Bahan Pemanis Buatan

Pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan, perpaduan antara siklamat dan sakarin (bahan pemanis buatan) dapat menimbulkan sel kanker pada kandung kemih. Meski belum ada penelitian lebih lanjut terhadap manusia, mengurangi makanan kemasan jauh lebih baik.

  • Bahan Pengawet

Bahan pengawet yang sering ditambahkan pada minuman bersoda atau makanan asam (kaleng) adalah sodium benzoate. Jika zat aditif ini bercampur dengan vitamin C buatan, maka akan menghasilkan benzene. Yaitu reaksi zat kimia yang sifatnya dapat meningkatkan risiko perilaku hiperaktif, serta sel pemicu kanker sehingga bahan ini dapat menjadi penyebab kanker mulut. 

Selain beberapa kandungan bahan berbahaya di atas, kemunculan zat karsinogenik juga dipengaruhi oleh cara pengolahan makanan, seperti menggoreng, memanggang, atau membakar. Proses inilah yang memiliki tanggung jawab terhadap kadar akrilamida yang ada di dalam makanan. Semakin gelap warna makanan yang dihasilkan dari proses memasak, maka semakin banyak pula zat ini di dalamnya. 

3. Minuman Keras

Selain memabukan, minuman keras yang mengandung alkohol juga dapat menimbulkan berbagai kerusakan di dalam tubuh. Salah satunya yaitu kanker, segala jenis kanker. Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat tahun 2009, 3,5% kasus kematian di sana dapat dikaitkan dengan penggunaan alkohol. Minuman ini memicu sel kanker dengan cara :   

  • Asetaldehid adalah zat kimia yang dapat merusak DNA serta protein seluler. Zat ini dihasilkan dari pemecahan senyawa etanol yang ada di dalam alkohol
  • Alkohol memiliki sifat radikal bebas yang dapat memicu terjadinya oksidasi. Yaitu reaksi kimia yang menyebabkan kerusakan protein, DNA, serta lemak di dalam tubuh
  • Kandungan di dalam alkohol dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dan vitamin pencegah kanker
  • Alkohol dapat meningkatkan hormon seks (estrogen) di dalam tubuh. Hormon ini sangat berkaitan terhadap kanker payudara

Demikianlah sedikit ulasan mengenai minuman dan makanan penyebab kanker mulut. Untuk mengurangi risiko terjadinya kanker, pastikan menerapkan gaya hidup sehat. Dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat, istirahat teratur, olahraga, berhenti merokok dan minum alkohol, serta cek kondisi kesehatan secara rutin. Semoga bermanfaat dan salam sehat. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Temukan solusi konsultasi dokter online dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Anda juga dapat melakukan tebus resep obat mudah dan aman dari rumah.

Referensi:

U.S National Institute of Dental and Craniofacial Research. Oral Cancer. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis