fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Resorcinol merupakan obat yang dapat digunakan untuk menghancurkan kulit kasar, bersisik serta mengeras. Obat ini mampu membunuh kuman yang ada di kulit untuk melawan infeksi. Resorsinol topikal atau untuk kulit dapat berfungsi mengatasi rasa gatal yang diakibatkan oleh luka ringan dan goresan, gigitan serangga, luka bakar, racun ivy, sengatan matahari dan iritasi kulit lainnya. Obat topikal ini juga mampu mengobati berbagai masalah kulit lain seperti jerawat, kapalan, eksim, psoriasis, seborrhea, kutil dan gangguan kulit lainnya.

Informasi

Obat Resorsinol termasuk jenis obat topikal yang hanya dapat digunakan di area luar tubuh atau kulit. Obat Resorcinol dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Obat Resorcinol sebaiknya disimpan pada suhu ruangan yang baik dan tidak lembab. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak serta hindari obat dari paparan sinar matahari.

Dosis

Dosis untuk pemberian obat Resorcinol disesuaikan dengan usia dan kondisi medis yang dialami oleh pasien. Pada kondisi gangguan dermatologis Pada orang dewasa dosis normal yang diberikan yaitu obat Resorcinol topikal 2% salep yang digunakan di area kulit terbuka sebanyak 3-4 kali sehari. Sedangkan pada anak-anak obat, dosis normal yang diberikan adalah Resorcinol topikal 2% salep. Khususnya bagi anak usia di atas 2 tahun maka oleskan obat di area kulit terbuka sebanyak 3-4 kali sehari.

Kontraindikasi

resorcinol

Interaksi dengan Obat Lain

Sebelum menggunakan obat Resorcinol, Anda perlu menghubungi dokter jika sedang menggunakan obat-obatan lain termasuk obat herbal, suplemen ataupun vitamin. Penggunaan obat-obatan lain yang bersamaan dengan obat Resorcinol akan menimbulkan interaksi yang akan memberikan efek samping bagi penggunanya.

Kelompok Orang Berisiko

Anda perlu menghubungi dokter jika sedang mengalami masalah kesehatan tertentu. Jika Anda memiliki riwayat penyakit alergi atau hipersensitivitas terutama pada obat Resorcinol, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan obat ini. Jika Anda terbiasa mengonsumsi alkohol, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat Resorcinol.

Efek Samping

Setiap obat-obatan tentunya memiliki efek samping berbeda-beda dalam setiap penggunaannya. Obat Resorcinol topikal ini juga memiliki dampak efek samping yang muncul setelah penggunaan. Gejala umum dari penggunaan obat Resorcinol seperti kulit mengelupas atau kemerahan (setelah beberapa hari penggunaan obat). Beberapa gejala lainnya yang mungkin terjadi antara lain:

  • Pusing atau sakit kepala
  • Diare atau sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Sering mengantuk
  • Merasa gugup dan gelisah
  • Detak jantung seperti melambat
  • Sesak napas atau gangguan pernapasan
  • Tubuh lebih banyak berkeringat
  • Kelelahan yang tidak biasa
  • Iritasi kulit

Efek samping dari obat Resorcinol topikal ini beberapa di antaranya tidak memerlukan penanganan medis secara khusus. Jika tubuh Anda sudah terbiasa mengalami gejala tersebut, maka efek samping akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika Anda merasa khawatir dengan gejala efek samping yang dialami setelah menggunakan obat Resorcinol, Anda sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara pasti gejala efek samping dari penggunaan obat Resorcinol.

Cara Konsumsi

Penggunaan obat Resorcinol harus sesuai dengan anjuran dari dokter dan pastikan Anda telah mengetahui serta membaca informasi mengenai petunjuk aturan pakai yang tertera pada kemasan obat. Obat Resorcinol tidak dikonsumsi melalui mulut karena obat ini bersifat topikal yang hanya digunakan untuk bagian luar tubuh (kulit). Anda tidak boleh menggunakan obat ini pada area kulit akibat terbakar matahari, terbakar angina, luka terbuka, kulit kering, kulit mengelupas atau pecah-pecah dan iritasi.

Gunakan obat secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang optimal hingga pulih. Untuk membantu Anda dalam mengingat, gunakan obat di waktu yang sama setiap harinya. Namun jika lupa, Anda dapat langsung menggunakannya asalkan tidak berdekatan dengan jadwal pengobatan berikutnya.

Anda tidak dianjurkan menggandakan atau mengurangi dosis tanpa sepengetahuan dokter. Penggunaan obat yang berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi area yang sakit serta obat memungkinkan akan masuk ke dalam tubuh.

Untuk menggunakan obat Resorcinol topikal, Anda cukup mengoleskan obat agar menutupi area kulit yang terinfeksi. Sebelum menggunakan obat ini, pastikan Anda mencuci tangan bersih terlebih dahulu. Anda juga perlu membersihkan area kulit sebelum diolesi obat Resorcinol. Oleskan obat Resorcinol secara lembut dan merata di bagian kulit yang sakit. Kemudian, cuci tangan kembali setelah menggunakan obat ini.

Pastikan Anda menggunakan obat ini sesuai dosis yang telah diinstruksikan pada kemasan obat. Obat Resorcinol dapat meresap ke dalam tubuh jika digunakan terlalu banyak atau jika diaplikasikan pada daerah kulit yang besar. Kulit yang iritasi dan tergores juga dapat menyerap lebih banyak obat-obatan masuk ke dalam tubuh. Jika dalam pengobatan kondisi Anda tidak kunjung membaik. Anda perlu menghubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis