fbpx

Pyrathiazine Theoclate

Okt 26, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf P | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Rasa mual dan ingin muntah pasti pernah dialami oleh hampir sebagian orang. Bukan tanpa alasan, kondisi ini bisa cukup memengaruhi kesehatan. Memang rasa mual dan muntah ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali khususnya pada ibu hamil. Biasanya, Pyrathiazine Theoclate akan dipilih sebagai salah satu obat yang dipercaya ampuh untuk meredakannya (Baca juga Mengenal Vometa, Obat Anti Muntah yang Ampuh).

Informasi

Pyrathiazine Theoclate biasanya sering diberikan pada ibu hamil yang selalu mengalami mual dan muntah saat trimester pertama masa kehamilan. Obat ini pun dapat Anda jumpai sebagai obat tunggal atau sebagai tambahan dalam obat lain yang dalam hal ini adalah obat yang bernama Mediamer B6 yang biasa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mengatasi mual.

Selanjutnya, perlu Anda ketahui bahwa Pyrathiazine Theoclate mengandung senyawa obat yang nantinya akan bekerja secara terpusat untuk langsung menghambat reflek rasa muntah yang terjadi pada sistem saraf pusat di tubuh Anda. Karena kandungan senyawa ini, membuat obat ini dapat membantu untuk mengurangi rasa mual dan keinginan untuk muntah dengan signifikan.

Pyrathiazine Theoclate
Pyrathiazine Theoclate biasanya sering diberikan pada ibu hamil yang selalu mengalami mual dan muntah saat trimester pertama masa kehamilan.

Belum lagi, Pyrathiazine Theoclate juga dapat menghentikan rasa mual dan ingin muntah yang Anda alami. Obat ini pun juga dapat dikonsumsi tak hanya untuk wanita hamil saja, tapi bagi pria atau wanita biasa pun juga dapat mengonsumsinya. Terlebih, dalam beberapa hal anak-anak pun juga bisa mengonsumsi obat ini sebagai sarana meredakan sakit yang tengah dideritanya.

Anda pun dapat menjumpai Pyrathiazine Theoclate sebagai obat tablet yang siap dikonsumsi kapan saja. Hanya saja, obat ini sendiri tergolong ke dalam obat resep dokter. Jadi, Anda pun harus melakukan konsultasi dengan dokter apabila hendak mengonsumsinya. Terlebih, obat ini juga dapat membantu mengatasi mabuk perjalanan dan masalah lain yang berujung mual.

Dosis

Karena tergolong ke dalam obat dokter, maka biasanya dalam pemakaian obat ini memiliki dosis yang berbeda. Apalagi, untuk anak-anak pun juga memiliki dosis tersendiri yang berbeda dengan dosis orang dewasa. Maka dari itu, Pyrathiazine Theoclate harus selalu disertai dengan anjuran dokter selama mengonsumsinya untuk proses pengobatan.

Hanya saja, Pyrathiazine Theoclate dapat dikonsumsi sebanyak 40 mg setiap harinya. Untuk orang dewasa sendiri, dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini dengan dosis sebanyak satu sampai dua tablet dan diminum dua kali sehari. Lalu untuk anak-anak sendiri, dapat mengonsumsi obat ini namun dengan dosis separuh dari dosis konsumsi orang dewasa.

Jika diminum untuk meredakan mabuk kendaraan saat di jalan, maka orang dewasa dapat meminumnya sebanyak satu tablet sebelum melakukan perjalanan jauh. Namun, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya apabila sedang berkendara. Sementara untuk anak-anak dapat dikonsumsi dengan takaran dosis setengah tablet saja diminum satu jam sebelum berkendara.

Kontradiksi

Untuk potensi terjadinya interaksi obat ketika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain pun juga ada dan bahkan dapat mengubah cara kerja dari obat lain yang dikonsumsi. Sebagai akibatnya, risiko efek samping pun juga dapat meningkat seperti obat yang tidak bekerja maksimal atau bahkan menimbulkan efek racun yang nantinya justru malah membahayakan tubuh Anda.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Tak hanya akan menimbulkan kontradiksi terhadap obat lain, tapi konsumsi Pyrathiazine Theoclate secara bersamaan dapat menimbulkan beberapa risiko bagi sebagian orang. Risiko itu antara lain seperti :

  • Meningkatkan risiko sensitivitas kulit terhadap sinar matahari apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat amiodarone.
  • Menurunkan tingkat efektivitas dari obat phenytoin apabila dalam penggunaannya dikonsumsi secara bersamaan.

Interaksi atau kontradiksi obat tersebut belum mencakup keseluruhan dari jumlah interaksi yang mungkin dapat terjadi selama mengonsumsi  obat Pyrathiazine Theoclate secara rutin. Maka Mengingat hal ini, maka konsultasikan dengan dokter bila Anda mengonsumsi dua jenis obat berbeda secara bersamaan dan Anda belum ketahui kemungkinan interaksi yang bisa terjadi.

Efek Samping

Sama seperti obat lain, dalam mengonsumsi Pyrathiazine Theoclate ini pasti juga terdapat beberapa efek samping yang nantinya bisa Anda dapatkan. Maka dari itu, sebelum Anda hendak mengonsumsi obat ini, maka ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan dari obat ini. Efek samping itu antara lain :

  • Timbul rasa kantuk setelah mengonsumsinya
  • Mulut yang terasa kering
  • Retensi urin
  • Hipotensi atau darah rendah
  • Timbul rasa konstipasi pada perut

Namun demikian, efek samping dari obat Pyrathiazine Theoclate ini umumnya dapat hilang dengan sendirinya setelah Anda menghentikan penggunaan obat. Karena menimbulkan kantuk, maka Anda tidak disarankan mengonsumsinya saat berkendara atau beraktivitas karena bisa berbahaya dan obat bila gejala efek samping terus berlanjut maka segera hubungi dokter.

Cara Konsumsi

Agar dalam pemakaiannya benar, Anda pun wajib menyimak cara konsumsi obat ini yang baik benar. Beberapa cara konsumsi obat ini antara lain :

  • Konsumsi obat setelah makan.
  • Selalu ikuti saran dari dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Usahakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama agar pengobatan berjalan maksimal.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis