fbpx
BerandadirektoriObatInformasi Kesehatan Obat dari Huruf FPerubahan Bentuk Payudara Saat Hamil, Wajarkah?

Tahukah Anda? Payudara yang berubah bentuk saat fase kehamilan adalah hal yang wajar. Bentuk payudara berubah karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Payudara dapat berubah karena sedang menyesuaikan kebutuhan ASI untuk memberi makan dan memberi makan bayi Anda setelah buah hati lahir. Jika Anda merasa ada perubahan bentuk payudara saat hamil, jangan khawatir! Simak artikel berikut untuk mengetahui perubahan bentuk yang wajar beserta penjelasannya.

perubahan bentuk payudara saat hamil

1. Nyeri payudara

Selama minggu pertama dan terakhir fase kehamilan, payudara Anda mungkin akan merasa lebih nyeri daripada sebelumnya. Bahkan nyeri payudara, adalah salah satu gejala normal yang menandakan Anda sudah memasuki fase kehamilan. Nyeri ini akan menyertai perubahan bentuk payudara seperti menjadi lebih besar dan terasa lebih berat.

2. Payudara menjadi lebih besar dan berat

Jumlah jaringan lemak dan aliran darah ke payudara akan meningkat selama masa kehamilan untuk membantu saluran susu dan kelenjar susu tumbuh. Dengan menjadi lebih besar, payudara juga tentunya akan menjadi lebih berat.

3. Pembuluh darah terlihat lebih besar dan menonjol

Vena di payudara Anda juga mungkin akan menjadi lebih besar dan lebih terlihat. Ini terjadi karena volume darah meningkat secara signifikan, sehingga pembuluh darah juga perlu menjadi lebih besar untuk dapat mengakomodasi banyaknya darah.

4. Areola menjadi lebih gelap

Areola, lingkaran di sekitar puting yang pada umumnya berwarna lebih gelap daripada kulit, dapat menjadi lebih gelap selama fase kehamilan khususnya pada trimester kedua atau ketiga. Kondisi ini terjadi karena hormon kehamilan dapat menyebabkan sel-sel kulit Anda memproduksi lebih banyak pigmen.

5. Perubahan Puting

Selain bentuk payudara, puting Anda juga dapat menjadi lebih besar, lebih menonjol, atau bahkan berubah bentuk. Anda mungkin mendapati puting menjadi lebih menonjol atau bahkan terbalik masuk ke dalam. Keadaan ini wajar untuk dialami oleh ibu hamil. Bahkan puting yang terbalik atau datar nantinya akan tetap bisa memberikan si kecil persediaan ASI. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Perubahan Kulit

Payudara juga kemungkinan akan memiliki stretch mark selama membesar. Ini adalah kondisi wajar karena kulit harus meregang untuk menyesuaikan payudara yang membesar pula. Saat stretch mark muncul, payudara Anda mungkin juga akan merasa mulai gatal. Anda bisa mengatasi rasa gatal ini dengan mengoleskan pelembab sebelum tidur dan setelah mandi.

7. Mulai keluar cairan dari payudara

Pada fase trimester kedua atau ketiga, Anda mungkin akan melihat cairan yang keluar dari puting Anda. Cairan tersebut dinamakan kolostrum, yaitu bentuk ASI pertama yang dihasilkan oleh orang hamil. Cairan ini kental dan pekat sehingga dalam waktu lama dapat mengering dan mengeras di sekitar puting Anda. Tetapi, lama kelamaan Anda juga akan mengalami cairan susu yang dapat keluar tidak sengaja hingga bocor. Anda dapat menggunakan bantalan payudara lebih supaya dapat meredam kebocoran. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

8. Muncul Montgomery Tuberkel

Montgomery Tuberkel adalah benjolan kecil yang berkembang di sekitar areola. Benjolan ini tidak akan membuat rasa sakit karena sebenarnya hanya mengandung kelenjar minyak. Fungsinya adalah untuk membantu melumasi dan melindungi payudara dari kuman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terhadap benjolan kecil di sekitar puting.

9. Benjolan di dalam payudara

Pada umumnya, ibu hamil tidak akan mengalami benjolan di dalam payudara saat fase kehamilan. Tetapi, sebagian ibu hamil dapat mengalaminya. Benjolan yang muncul saat kehamilan kemungkinan besar adalah galaktokel yang merupakan saluran susu yang tersumbat atau fibroadenoma yang merupakan tumor payudara jinak. Jika Anda mengalami ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter Anda.

Bagaimana cara mengatasi perubahan payudara?

Beberapa perubahan bentuk payudara saat hamil akan disertai dengan rasa nyeri dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah untuk mengatasi beberapa efek samping dari perubahan bentuk tersebut.

1. Gunakan bra yang pas

Selama kehamilan, mungkin sebaiknya Anda mengganti bra dan memilih yang lebih nyaman. Carilah bra yang memiliki tali lebar, tidak memiliki kawat, tidak memiliki jahitan di dekat puting, terbuat dari kain nyaman seperti katun, dan memiliki support yang paling pas dengan ukuran payudara Anda. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Gunakan breast pad

Untuk mengatasi kebocoran kolostrum, Anda bisa mencoba mengenakan breast pad atau bantalan payudara. Breast pad dijual sesuai kebutuhan Anda, ada yang hanya bisa dipakai sekali atau berkali-kali pakai.

3. Oleskan pelembab

Jika kulit sekitar payudara Anda terasa gatal, oleskanlah pelembab. Anda bisa memilih pelembab yang tidak memiliki bahan kimia kuat atau pelembab khusus yang sudah terbukti aman untuk ibu hamil dan menyusui. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Kompres atau pijat payudara

Payudara yang nyeri dapat diberikan kompres hangat. Selain itu, Anda juga bisa memijat area yang sakit ke arah puting dengan sangat lembut dan perlahan. 

5. Tetap periksa payudara selama kehamilan

Anda harus tetap melakukan pemeriksaan benjolan dengan gerakan SADARI selama kehamilan. Hal ini harus dilakukan demi menghindari adanya benjolan atau hal aneh lainnya yang mungkin terjadi. Periksakan diri ke dokter jika Anda menemukan hal yang tidak wajar. 

Demikian penjelasan perubahan bentuk payudara saat hamil. Selain perhatikan payudara secara rutin, selalu jaga kesehatan diri sendiri dan janin dengan konsumsi rutin suplemen kehamilan. 

Vitamin Folamil Genio (Rp134.253) adalah suplemen multivitamin dan mineral yang mengandung DHA. Vitamin Folamil Genio dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada otak bagi wanita hamil dan menyusui. Folamil Genio mengandung vitamin B kompleks, vitamin D3, dan vitamin E, serta mineral yang baik bagi perkembangan otak bayi dan kesehatan saraf, otot, dan tulang wanita pada masa kehamilan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi seputar kehamilan dan menyusui? Nikmati kemudahan konsultasi gratis dengan dokter umum dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan keluhan dan pertanyaan Anda langsung ke dokter melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman