fbpx

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penyakit Jantung

Okt 14, 2020 | Jantung | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Kelvin Halim S. Gz.

Jantung merupakan salah satu organ dalam sistem sirkulasi darah yang sangat penting. Apabila jantung bermasalah, maka kesehatan seseorang sudah pasti terganggu. Bahkan, penyakit jantung bisa berisiko menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penting bagi Anda dan siapapun untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat demi memiliki jantung yang sehat. 

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya penumpukan kolesterol di dinding arteri yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah (Baca juga Kolesterol Tinggi: Gejala, Akibat, dan Penyebabnya). Tahukah Anda, penumpukan kolesterol tersebut dipengaruhi oleh konsumsi makanan yang mengandung garam atau gula terlalu banyak. Tak heran, dokter dan ahli gizi memperingatkan beberapa makanan dan minuman pantangan yang harus dihindari oleh pasien penyakit jantung maupun Anda yang ingin memiliki jantung sehat.

Hal yang sama disampaikan oleh Kelvin Halim, nutrisionis Lifepack. Menurutnya, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak terjadi bagi usia dewasa hingga lansia. Salah satu faktor risiko dari penyakit jantung sendiri adalah pola makan yang kurang sehat dan tidak seimbang. Untuk menjaga kesehatan jantung, makanan dan diet memang sangat diperlukan.

Atur konsumsi garam sebanyak 1 sendok teh dan minyak sebanyak 5 sendok makan dalam sehari. Diet untuk menjaga kesehatan jantung sendiri meliputi mengurangi daging merah dan makanan berlemak untuk mengurangi risiko obesitas dan penumpukan lemak yang mendapatkan inflamasi dan kerusakan pembuluh darah. Kurangi garam dan makanan kemasan karena mengandung natrium dari garam dan zat pengawet seperti natrium benzoat

Daftar Makanan Yang Pantang Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

pantangan-makanan-penyakit-jantung

1. Daging Merah

Berbagai bentuk daging merah, mulai dari daging sapi, kambing, dan babi memproduksi lemak jenuh dan kolesterol lebih tinggi. Apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan ini, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung maupun stroke. Tidak hanya itu, olahan daging merah seperti sosis, bacon, dan daging burger juga patut dihindari. Sebab, selain kandungan lemak yang tinggi, kandungan garam dalam olahan daging ini juga tinggi. Kalaupun memang ingin mengonsumsinya tidak masalah, namun perhatikan porsinya. Menurut asosiasi kesehatan di Amerika, enam potong daging olahan sudah cukup memenuhi kebutuhan garam dalam sehari. Jika kandungan garam yang dikonsumsi lebih besar, maka risiko terkena hipertensi pun juga lebih besar. Oleh karena itu makanan ini menjadi pantangan untuk penderita penyakit jantung.

2. Makanan Cepat Saji

Bisa dikatakan bahwa hampir setiap orang menyukai jenis makanan cepat saji. Pasalnya, selain rasanya yang nikmat, fast food ini juga mudah ditemukan. Mulai dari burger, hotdog, hingga pizza. Meski demikian, jika Anda lebih sayang terhadap kesehatan jantung, sebaiknya mulai hindari makanan cepat saji tersebut dari sekarang, karena fast food merupakan makanan pantangan bagi penyakit jantung. Ini karena fast food berisiko tinggi memperburuk kesehatan jantung. Fast Food memiliki kandungan lemak dan garam yang tinggi sehingga meningkatkan kolesterol dalam darah sekaligus menurunkan jumlah lemak baik dalam tubuh.

3. Mayonaise dan Margarin

Mayonaise sering ditambahkan dalam masakan sebagai penyedap rasa. Contohnya, burger, salad, dan junk food lainnya. Meskipun terasa enak, namun tidak baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung. Begitupula margarine yang mengandung lemak trans dan berisiko meningkatkan kolesterol dalam darah. Akibatnya, akan memperburuk kondisi jantung Anda. Tenang saja, sebagai gantinya, Anda bisa gunakan yoghurt rendah lemak tanpa rasa untuk topping salad atau minyak zaitun dengan jumlah yang tetap dibatasi. Soal rasa, pastinya tidak kalah nikmat.

4. Makanan yang Asin dan Tinggi Gula

Makanan dengan kandungan garam dan gula tinggi harus dihindari bagi penderita penyakit jantung. Misalnya, makaroni gurih, keripik kentang, es krim, permen, hingga kue-kue yang manis. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat, seperti pisang, apel, yoghurt, dan kacang almond tanpa penyedap rasa. Kalaupun ingin cita rasa yang gurih, bisa tambahkan rempah-rempah.

5. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit jantung. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebab, gorengan ini mengandung lemak trans karena metode deep fry yang meningkatkan produksi lemak. Sebuah studi pun menyatakan jika seseorang yang makan kentang atau ayam goreng, maka dua hingga tiga kali seminggu berpeluang mengalami serangan jantung.

6. Soft Drink

Tidak hanya makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit jantung, minuman seperti soda dan soft drink harus dihindari oleh penderita jantung (Baca juga Bahaya Minuman Kemasan dan Makanan Kemasan Bagi Kesehatan). Pasalnya, kedua jenis minuman ini diketahui dapat meningkatkan asupan kalori per hari. Apalagi, pasien penyakit kardiovaskuler harus membatasi asupan kalori supaya berat badan tetap seimbang. Sebaiknya, perbanyak air putih atau jus buah sebagai variasi biar tidak bosan.

7. Alkohol

Jenis minuman ini juga berbahaya bagi jantung. Pasalnya, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, stroke, hingga obesitas seseorang. Meskipun Anda memiliki kondisi tubuh yang sehat dan kadar trigliserida tidak tinggi sekalipun, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak justru memperburuk kondisi kesehatan. Akan lebih baik, hindari alkohol dan perbanyak air putih.

8. Mie Instan

Bisa dikatakan bahwa mie instan merupakan makanan favorit banyak orang. Pasalnya, selain penyajiannya yang mudah dan praktis, rasanya juga sangat nikmat. Namun, bagi Anda yang memiliki penyakit jantung harap waspada karena konsumsi mie instan berlebihan akan menyebabkan lemak jenuh dan natrium dalam darah tinggi. Apalagi jika mie instan dikonsumsi oleh seseorang yang mengidap sindrom metabolik, cenderung memiliki tekanan darah tinggi sekaligus berisiko terkena serangan jantung, stroke, hingga diabetes. Oleh karena itu mie instan menjadi salah satu makanan pantangan untuk penderita penyakit jantung.

Tidak hanya menghindari makanan dan minuman pantangan bagi kesehatan jantung diatas. Rupanya, jantung yang sehat juga dipengaruhi oleh kebiasaan yang baik pula. Oleh karena itu, hindari beberapa aktivitas pantangan penyakit jantung berikut ini:

  1. Terlalu banyak duduk
  2. Stres yang berlebih
  3. Kurang tidur
  4. Menjaga kebersihan gigi

Yuk mulai terapkan pola hidup sehat untuk menjaga jantung supaya tetap sehat!

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis