fbpx
BerandadirektoriObatSama-sama Obat Kolesterol, Ini Bedanya Simvastatin vs Atorvastatin

Penggunaan obat golongan statin pada umumnya bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dengan cara menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Simvastatin dan Atorvastatin adalah dua dari banyaknya obat statin tersebut. Lalu apakah perbedaan Atorvastatin vs Simvastatin? Apakah keduanya sama? Manakah yang lebih bagus? Cek jawabannya di bawah.

simvastatin vs atorvastatin

Apa itu atorvastatin?

Atorvastatin Calcium Trihydrate merupakan obat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tidak normal serta level lemak dalam darah.

Pemberian resep obat statin dipandang merupakan langkah standar bagi pasien untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular (CVD). 

Kinerja obat Atorvastatin adalah dengan mengurangi produksi enzim hydroxymethylglutaryl-coenzyme A (HMG-CoA) yang memproduksi kolesterol di hati. 

Apa itu simvastatin?

Obat Simvastatin merupakan obat lain yang dikonsumsi oleh pasien kolesterol. Memiliki manfaat yang sama seperti Atorvastatin, Simvastatin berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, serta mengurangi risiko dari penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah seperti stroke jika terjadi pada pembuluh darah otak. 

Cara kerja dari obat simvastatin adalah menghambat enzim-enzim yang membentuk kolestrol-kolestrol jahat yang mana kadar dari kolesterol jahat di dalam tubuh akan berkurang. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan kata lain, simvastatin bekerja dengan cara yang sama dengan Atorvastatin. Penggunaan obat simvastatin biasanya diiringi dengan melakukan diet pola makan yang sehat.

Perbedaan Atorvastatin vs Simvastatin

Atorvastatin dan simvastatin keduanya termasuk dalam kelas obat yang disebut penghambat reduktase HMG-CoA, atau statin. Keduanya digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Perbedaannya pertama terletak aturan pemakaian dan cara konsumsi. Simvastatin direkomendasikan untuk dikonsumsi pada malam hari karena penurunan LDL akan efektif di malam hari. Simvastatin dapat diminum sebelum ataupun sesudah makan.

Sedangkan Atorvastatin dapat diminum saat baik malam atau pun pagi hari karena penurunan LDL akan berlangsung hingga 14 jam, terlepas dari waktu konsumsinya. Obat ini bisa dikonsumsi baik pada perut kosong atau setelah makan.

Di samping itu, efek samping juga menjadikan perbedaan yang perlu diperhatikan. Simvastatin cenderung lebih jarang menyebabkan nyeri otot dibandingkan  dengan atorvastatin, sesuai dari temuan pada tahun 2013. Namun perbedaan diantara keduanya tidak jauh berbeda. 

Selain itu, wanita yang mengonsumsi Simvastatin juga ditemukan cenderung akan lebih mudah merasa kelelahan. Diantara kedua obat ini, simvastatin lebih dapat ditoleransi oleh kebanyakan orang.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun perlu diketahui bahwa kedua obat sama-sama dapat memberikan efek samping berupa nyeri otot, kelelahan, serta diare dan gangguan pencernaan.

Simvastatin vs Atorvastatin bagus mana?

Atorvastatin dan simvastatin keduanya merupakan obat statin yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Membandingkan kedua obat dan menentukan bagus yang mana adalah sesuatu yang relatif. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Setiap pasien memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda, maka dari itu tidak ada jawaban yang pasti. Namun, atorvastatin lebih banyak direkomendasikan untuk pasien yang memerlukan efek penurunan kadar LDL yang lebih kuat. 

Namun, penelitian memperlihatkan penggunaan atorvastatin intensitas tinggi (40-80 mg) menurunkan risiko penyakit kardiovaskular lebih besar dibandingkan penggunaan simvastatin intensitas rendah sampai sedang (10-40 mg) pada orangtua.

Atorvastatin juga dikatakan mampu bertahan lebih lama di dalam tubuh daripada Simvastatin. Selain itu, obat ini juga dapat dikonsumsi pada waktu yang diinginkan pada pagi atau malam hari. 

Obat Atorvastatin lebih sering direkomendasikan untuk pasien yang menderita gangguan ginjal. Atorvastatin sendiri memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan ginjal orang tanpa gangguan ginjal kronik.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pasien tetap perlu menyesuaikan dosis dengan kondisi, namun umumnya dosis atorvastatin akan cenderung lebih kecil sehingga tidak menyebabkan keracunan akibat dosis statin yang terlalu tinggi. Sebaliknya, Simvastatin dalam dosis tertinggi (80mg per hari) cenderung menumpuk dan pada akhirnya mengganggu kondisi ginjal. 

Perlu diperhatikan bahwa konsumsi baik Atorvastatin mau pun Simvastatin hanya bisa dilakukan dengan rekomendasi. Dokter akan menyesuaikan obat dengan kebutuhan dan kondisi Anda lalu memberikan resep untuk ditebus. Kedua obat ini harus diminum sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Nikmati layanan tebus resep Apotek Lifepack yang telah terintegrasi secara online dan offline.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline Jakarta kami di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.


Referensi

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Singlecare https://www.singlecare.com/blog/atorvastatin-vs-simvastatin/#:~:text=Is%20atorvastatin%20or%20simvastatin%20better,the%20morning%20or%20at%20night.

Healthline https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/simvastatin-vs-atorvastatin#side-effects

GoodRx Health https://www.goodrx.com/conditions/high-cholesterol/atorvastatin-vs-simvastatin-which-is-better-for-high-cholesterol

AHA Journal https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/circoutcomes.111.000071

Jaminan Lifepack untuk Anda

Monash University Research https://research.monash.edu/en/publications/comparison-of-statins-for-primary-prevention-of-cardiovascular-di

Image <a href=”https://www.freepik.com/free-photo/beautiful-mature-sixty-year-old-female-stylish-eyeglasses-holding-mug-omega-3-supplement-capsule-going-take-vitamin-after-meal-senior-gray-haired-woman-taking-fish-oil-pill-with-water_11200035.htm#query=elder%20taking%20pill&position=17&from_view=search”>Image by shurkin_son</a> on Freepik

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
Rear view of senior sixty year old woman with gray hair holding mug washing down sleeping pill, suffering from insomnia. Elderly retired female taking medicine with water, sitting in bedroom

Crestor 20 mg: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman