fbpx
BerandadirektoriPenyakitAnak Isoman di Rumah? Jangan Salah Pilih Obat COVID Untuk Anak!

Ditinjau oleh dr. Amanda Ismoetia

covid pada anak

Memiliki anak yang positif COVID-19 di rumah akan mengharuskan para orang tua mengetahui langkah yang tepat dan akurat untuk merawatnya. Orang tua tentunya harus selalu memantau kondisi anak selama menjalani masa isolasi. Demikian pula pemberian obat dan vitamin serta suplemen sangat dibutuhkan agar proses penyembuhan dari virus ini akan berlangsung lebih cepat.

Namun banyak yang saat ini masih salah kaprah tentang obat COVID untuk anak. Tidak sedikit orang tua yang memberikan antibiotik untuk mempercepat proses penyembuhan. Padahal, efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan antibiotik ini sangat buruk untuk anak-anak. Sebenarnya, cara sederhana yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan menjaga asupan makanan dan gizi seimbang. Pemberian obat Corona maupun vitamin juga haruslah dilakukan dengan resep dokter agar tidak berefek fatal pada anak.

Perlu diingat bahwa obat-obatan ini tidaklah akan mengobati COVID, namun meredakan gejala yang datang dari infeksi COVID. Beberapa obat dan vitamin yang bisa dijadikan acuan untuk meredakan gejala COVID bagi anak-anak ini bisa ditemukan di apotek terdekat di kota Anda. Namun perlu diingat bahwa penggunaannya harus sesuai resep dokter, ya.

Obat COVID Untuk Anak

Untuk mempermudah, Anda bisa membeli paket obat 7 Days Package Isoman Vitamin Anak – (8 Tahun ke Atas) – LIFEPACK (Rp220.000) atau 7 Days Package Isoman Vitamin Anak – (4-8 Tahun) (RpRp105.000) dari Lifepack yang dapat membantu menemani isoman anak. Tetapi, Anda juga bisa memberikan anak obat-obatan yang dapat bantu redakan gejala COVID:

1. Obat demam

Obat yang bisa diberikan orang tua untuk anak yang positif COVID-19 salah satunya yaitu obat demam. Obat demam yang dijual di pasaran saat ini banyak jenisnya yang memang dikhususkan untuk anak-anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Menyediakan obat demam wajib dilakukan sebagai pereda utama ketika gejala COVID menyerang. Obat demam yang bisa digunakan antara lain obat dengan kandungan paracetamol dan/atau ibuprofen.

Dosis paracetamol dianjurkan untuk anak yaitu 10-15 mg per kilogram berat badan. Sehingga jika anak memiliki berat badan sekitar 20 kg, maka dosis Paracetamol yang bisa diberikan antara 200-300 mg. Dosis ini dapat diberikan dalam kurun waktu 4 sampai 6 jam sekali.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sedangkan untuk dosis ibuprofen pada anak-anak dianjurkan 5-10 mg per kilogram berat badan. Dosis untuk setiap umur biasanya telah tertera dalam tabel kemasan. Pemberian ibuprofen pada anak 6-8 jam sekali tergantung kondisi.

Paracetamol dan ibuprofen berguna untuk meredakan sakit dan nyeri serta menurunkan suhu badan yang tinggi. Cukup pilih salah satu diantara dua obat demam berikut untuk diberikan kepada anak.

Efek samping yang ditimbulkan antara lain mengantuk, pusing, hingga mual. Untuk itu sangat penting menggunakan dosis yang disesuaikan dengan umur dan berat badan anak.

2. Zinc

Seperti yang kita ketahui bahwa COVID-19 dapat menyerang imunitas dan kekebalan tubuh. Untuk itu diperlukan adanya vitamin dan suplemen pendamping makanan agar imunitas tubuh meningkat, salah satunya zinc.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Zinc atau seng merupakan satu dari sekian banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk melancarkan metabolisme dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan zinc harus dipenuhi agar pembentukan proses imun tubuh tidak terganggu.

COVID-19 juga mempengaruhi indera penciuman serta perasa pada orang dewasa dan anak-anak. Kabar baiknya, zinc juga memiliki peran besar untuk membantu mengembalikan dan menjaga fungsi indera penciuman dan perasa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu, zinc juga dapat membantu menurunkan demam dan mengobati diare yang biasanya dapat mengakibatkan dehidrasi. Gejala COVID pada anak salah satunya juga diare yang disebabkan karena kurangnya asupan mineral dan makanan bergizi sebagai akibat nafsu makan yang menurun.

Dosis yang diberikan pada anak adalah 10-20 mg atau kurang lebih satu sendok teh dalam satu hari selama kurun waktu 10 hari. Zinc sebaiknya diberikan saat perut masih kosong. Namun jika perut anak sudah terisi makanan, minumlah zinc 2 jam setelah makan.

Zinc merupakan obat oral yang bisa diminum secara langsung ataupun dengan cara meneteskannya di mulut. Selain oral, zinc juga tersedia dalam bentuk sirup, tetes oral/drops, kemasan tablet, dan tablet lepas.

Efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian zinc ini yang paling parah adalah mual dan muntah. Selalu ikuti resep dari dokter dalam pemberian zinc pada anak. Karena tidak semua mengalami efek samping tersebut atau mungkin justru ada yang lebih parah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Vitamin C

Vitamin C mengandung antioksidan dan sintesis kolagen yang berperan penting dalam proses meningkatkan serta menjaga imunitas dan kekebalan tubuh.

Vitamin C juga dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh agar terhindar dari penyakit, membantu proses penyembuhan luka, dan pembentukan jaringan ikat. Nutrisi ini sangat dibutuhkan dalam penyembuhan COVID-19 karena anak akan mengalami kondisi tubuh yang cukup drop.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Vitamin C dapat ditemukan di berbagai jenis buah dan sayur antara lain strawberry, lemon, jeruk, brokoli, dan masih banyak lagi. Vitamin C juga tersedia dalam bentuk tablet dan cairan suntik.

Untuk proses penyembuhan pada anak, para orang tua bisa memberikan vitamin C dalam bentuk tablet. Dosis yang dianjurkan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) yaitu sebagai berikut :

  • Usia 1-3 tahun, maks 400mg/hari
  • Usia 4-8 tahun, dosis 600mg/hari
  • Usia 9-13 tahun, maks 1200mg/hari
  • Usia 14-18 tahun, maks 1800mg/hari

Pemberian dosis vitamin C dengan jumlah yang telah dianjurkan untuk mengobati COVID anak harus diberikan secara bertahap, tidak sekaligus dalam satu kali minum.

Efek samping yang ditimbulkan jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin C atau tidak sesuai takaran adalah diare, muntah, dan mual. Gejala yang cukup berat dirasakan dapat pula sakit kepala, insomnia, nyeri pada ulu hati, kram dan sakit perut,  serta batu ginjal. Namun efek samping tersebut umumnya dapat mereda setelah penggunaan vitamin C dikurangi atau dihentikan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan suplemen yang dapat digunakan untuk proses pencegahan maupun penyembuhan dari virus COVID-19. Pasalnya, vitamin D berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi saluran pernafasan. 

Resiko pada penderita COVID yang kekurangan vitamin D akan lebih parah dua kali lipat. Sehingga kebutuhan vitamin D pada anak anda perlu dipenuhi, baik melalui kebiasaan berjemur ataupun membantunya dengan asupan suplemen. Untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, ajaklah anak untuk berjemur minimal 5-10 menit setiap harinya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Vitamin D juga bisa didapatkan dari sumber makanan bergizi seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, susu sapi, susu kedelai, kuning telur, dan lainnya. Untuk pemenuhan jumlah kadar vitamin D dalam tubuh, IDAI menganjurkan dosis harian vitamin D untuk anak adalah sebagai berikut :

  • Usia 1-3 tahun : 400IU/hari
  • Usia Anak : 1000IU/hari
  • Usia Remaja : 2000IU/hari

Efek samping yang ditimbulkan dari adanya pemberian vitamin D yang berlebih antara lain mulut kering, tidak nafsu makan dan berat badan turun. Dapat juga menimbulkan sakit kepala, tubuh mudah lelah, mual, muntah, dan sembelit.

Efek yang paling parah ditimbulkan dari adanya kelebihan dosis vitamin D ini bisa berakibat pada hiperkalsemia, gangguan irama jantung hingga kerusakan ginjal.

“Pastikan untuk selalu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memberikan obat-obatan, karena setiap dosis yang diperlukan seseorang pasti berbeda dengan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, kondisi, berat badan dan usia.” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat untuk bayi positif covid harus diberikan sesuai dengan anjuran dan konsultasi langsung dari dokter atau tenaga medis lainnya.

Saat ini juga sudah mulai tersedia vaksin COVID-19 untuk anak. Terdapat beberapa syarat yang harus anak penuhi untuk mendapatkan dosis vaksin. JIka Anda merasa anak Anda telah memenuhi syarat, segera ajak anak Anda untuk menerima vaksin agar tubuh anak mampu melawan COVID-19.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian informasi seputar obat COVID untuk anak. Jika anak mengalami gejala atau keluhan, segera isolasi mandiri dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis-jenis penyakit kronis

Jenis-Jenis Penyakit Kronis pada Anak, Apa Saja?

direktoriPenyakit   19/01/2023
penyakit akut dan kronis

Kenali Perbedaan Penyakit Akut dan Kronis

direktoriPenyakit   19/01/2023
kebal antibiotik

Sembarangan Minum Obat, Awas Kebal Antibiotik! Penyebab, Ciri-ciri, Pencegahan, dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   07/12/2022
pembesaran kantung udara di paru-paru

Emfisema: Pembesaran Kantung Udara di Paru-Paru

direktoriPenyakit   10/11/2022
perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman