fbpx

Mengenal Manfaat Natrium Chloride Infus 0.9%

Nov 20, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Pernahkah Anda mendengar natrium chloride? Bagi Anda yang berkiprah di dunia pendidikan atau kesehatan tentu sudah sangat familiar dengan senyawa yang satu ini. Ya, NaCl (Natrium Klorida) merupakan senyawa yang dikenal juga dengan sodium chloride (Sodium Klorida). Zat ini merupakan elektrolit yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh terutama dalam mengatur jumlah air dalam tubuh, berperan dalam impuls saraf, dan kontraksi otot. Selain itu, natrium klorida juga dapat mengatasi dan mencegah terjadinya dehidrasi dan keringat berlebih (Baca juga Natrium Klorida).

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, apakah zat yang satu ini aman jika digunakan sebagai obat? Apakah zat ini dapat menimbulkan efek samping? Tenang! Lifepack akan menjawabnya lewat ulasan berikut ini.

Mengenal Natrium Chloride Infus

Natrium chloride atau natrium klorida infus 0.9% merupakan larutan steril yang digunakan untuk injeksi intravena. Biasanya obat ini digunakan dalam pengobatan dehidrasi isotonik ekstraseluler, deplesi natrium, dan sebagai pelarut sediaan injeksi. Namun penggunaan obat ini tidak dapat digunakan sembarangan dan memerlukan petunjuk dokter.

Dosis Natrium Chloride

Keamanan penggunaan NaCl infus 0.9% tentu perlu didukung dengan penggunaan dosis yang tepat. NaCl ini merupakan obat yang masuk ke dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya memerlukan resep dokter. Umumnya, dosis NaCl tergantung pada tujuan penggunaan obat itu sendiri. Namun biasanya dosis dihitung berdasarkan usia, berat badan, kondisi klinis, dan penentuan hasil laboratorium pasien.

Efek Samping

Obat Natrium Klorida memang sangat jarang menimbulkan efek samping. Namun jika obat ini menimbulkan gejala efek samping, umumnya gejala berupa:

  1. Jantung berdebar
  2. Demam
  3. Gatal atau ruam
  4. Iritasi
  5. Nyeri sendi, sendi menjadi kaku atau mengalami pembengkakan
  6. Kesulitan bernapas
  7. Terjadi pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah

Kontraindikasi

Interaksi Obat

Obat NaCl dapat menimbulkan kontraindikasi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain. Obat yang dapat menimbulkan interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan NaCl adalah obat lithium dan tolvaptan. Anda juga tidak dapat menggunakan obat ini bersamaan dengan pbat saline bacteriostatic.

Kontraindikasi

Selain interaksi obat, NaCl juga dapat menimbulkan kontraindikasi jika digunakan oleh orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti orang dengan riwayat asidosis akibat penggunaan natrium klorida dan retensi cairan seperti hipernatremia, hipokalemia, dan gagal jantung. Obat ini juga perlu dikonsultasikan dengan dokter keamanannya jika akan digunakan oleh orang dengan gangguan fungsi hati dan penyakit ginjal.

Peringatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa obat ini tidak dapat digunakan sembarangan karena masuk ke dalam golongan obat keras. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dari dokter. Pastikan Anda memahami penggunaan obat ini. Jika Anda belum memahami benar dosis dan cara penggunaannya, tanyakan pada dokter atau apoteker sampai Anda benar-benar paham untuk menghindari terjadinya kesalahan informasi.

natrium chloride
Pernahkah Anda mendengar natrium chloride? Di dunia pendidikan dan kesehatan, pasti sudah sangat familiar dengan senyawa yang satu ini.

Beritahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap NaCl untuk menghindari reaksi alergi akibat penggunaan obat ini. Penggunaan obat ini juga perlu dikonsultasikan kepada dokter jika akan digunakan oleh orang dengan usia lanjut karena berpotensi menimbulkan efek samping yang berbeda. Penggunaan obat ini oleh ibu hamil dan menyusui perlu dikonsultasikan kepada dokter karena berisiko terhadap janin. Jangan konsumsi obat ini jika Anda baru saja mengonsumsi alkohol atau merokok. 

Itulah informasi mengenai manfaat, efek samping, dan kontraindikasi dari penggunaan obat Natrium Klorida. Semoga bermanfaat!

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis