Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur serta istirahat yang cukup Anda mungkin harus mengonsumsi suplemen tambahan agar lebih sehat. Namun, sebelum Anda membeli suplemen tersebut ada baiknya Anda memeriksakan diri lebih dulu kepada dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan lebih baik.

Keberadaan suplemen kesehatan di Indonesia sebenarnya sudah dikenal sejak dulu. Namun, berkat informasi yang semakin berkembang kini masyarakat semakin paham akan jenis suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sekarang marak sekali penjualan suplemen-suplemen kesehatan di berbagai platform digital mulai di media sosial hingga e-commerce terkemuka.

Hal ini selain menguntungkan Anda sebagai pengguna karena semakin banyak pilihan tapi hal tersebut juga memiliki resikonya sendiri. Keberadaan penjual yang sulit dilacak serta tidak adanya jaminan keaslian produk yang dijual membuat Anda wajib waspada jika membeli suplemen secara online. Waspadai barang palsu yang beredar di masyarakat. Untuk mencegah penipuan ada baiknya jika Anda membeli di apotek yang terpercaya atau tempat-tempat resmi. 

Informasi

Kolin Bitartrat merupakan salah satu dari nutrisi penting bagi manusia. Nutrisi ini pada umumnya terdapat pada makanan seperti hati, daging, ikan, kacang-kacangan, gandum dan telur. Walaupun tidak termasuk dalam vitamin ataupun mineral tapi senyawa ini sendiri masih memiliki kemiripan dengan vitamin B kompleks. Oleh karena itu, asupan Kolin Bitartrat sangat dibutuhkan oleh tubuh.

kolin bitartat
Kolin Bitartrat merupakan salah satu nutrisi penting yang terdapat pada makanan seperti hati, daging, ikan, kacang-kacangan, gandum & telur.

Secara alami, tubuh manusia mampu memproduksi Kolin Bitartrat di dalam organ hati. Namun, jumlahnya tergolong sedikit dan tidak mencukup kebutuhan tubuh sehingga manusia perlu mendapatkan asupan Kolin Bitartrat dari makanan. Oleh karena itu, memakan makanan yang sehat dalam porsi yang cukup bisa menjaga kesehatan.

Kolin Bitartrat sangat penting bagi tubuh manusia. Beberapa fungsinya yaitu mendukung perkembangan otak, menjaga fungsi liver/hati, menjaga jantung agar tetap sehat serta melengkapi nutrisi untuk janin. Khusus bagi ibu hamil, Kolin Bitartrat sangat dibutuhkan terutama saat trimester kedua. Beberapa penelitian menunjukan bahwa bayi akan terhindar dari resiko cacat tabung saraf jika mendapat asupan Kolin Bitartrat yang cukup. 

Dosis

Dosis Kolin Bitartrat berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia serta kondisi kesehatan pasien itu sendiri. Rata-rata, seorang pria dewasa membutuhkan Kolin Bitartrat sebanyak 550mg sedangkan perempuan dewasa membutuhkan sekitar 425 mg Kolin Bitartrat. Kebutuhan akan Kolin akan semakin meningkat pada wanita yang sedang hamil atau wanita yang memasuki usia menopause. Kebutuhan keduanya bisa meningkat berkali-kali lipat.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Belum ada informasi lebih lengkap mengenai interaksi antara Kolin Bitartrat dengan obat-obatan lain. Oleh karena itu, Anda harus memberitahukan semua jenis obat-obatan yang sedang Anda konsumsi termasuk juga suplemen dan obat herbal. 

Hal ini ditujukan untuk menghindari interaksi obat antara Kolin Bitartrat dengan obat yang diminum sehingga meminimalisir risiko yang tidak diinginkan. Yang paling penting adalah Anda mengikuti anjuran yang dikatakan oleh dokter Anda serta jangan mengonsumsi obat ini lebih dari dosis yang disarankan.

Kelompok Orang Berisiko

Untuk sementara, baru orang-orang yang memiliki hipersensitivitas yang memiliki risiko cukup tinggi jika mengonsumsinya. Biasanya orang-orang dengan pola diet vegetarian adalah yang paling sering mengonsumsi Kolin Bitartrat. 

Namun, ada baiknya jika Kolin Bitartrat tidak dikonsumsi secara berlebihan karena cukup berbahaya. Kelebihan Kolin Bitartrat ini biasanya disebabkan oleh penggunaan suplemen. Sangat jarang penyakit seperti itu disebabkan oleh Kolin Bitartrat alami.

Efek Samping

Penggunaan suplemen ini nyaris tidak memiliki efek sama sekali. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan Anda mungkin akan mengalami gejala seperti penurunan tekanan darah, diare, mual dan muntah. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut maka segeralah menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Konsumsi

Cara konsumsi suplemen ini tergolong mudah. Anda hanya perlu menelannya bersama makanan. Untuk hasil terbaik Anda sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur dan melengkapinya dengan makanan bergizi serta istirahat yang cukup. Hindari memakan makanan yang tidak sehat dan memiliki kalori tinggi.

Penting bagi Anda untuk membatasi konsumsi Kolin Bitartrat harian karena kebanyakan asupan kolin bisa merugikan kesehatan. Batas maksimum Kolin Bitartrat yang boleh dikonsumsi orang dewasa adalah sebesar 3500 mg per hari. Jika asupan Kolin Anda kurang dari jumlah tersebut maka Anda berpotensi mengalami penurunan fungsi otak. Beberapa contoh gejalanya adalah mudah lupa, lelah, letih,lesu serta nyeri otot

Selain itu, ada baiknya jika Anda menyimpan obat-obatan ini ditempat yang kering dan jauh dari jangkauan anak-anak. Hal ini sering dilakukan jika guna menghindari resiko kontaminasi  sehingga obat-obatan yang lain tidak tercampur. Selalu ingat untuk menyimpan obat di tempat yang disarankan agar obat tetap aman digunakan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?