fbpx

Kardiomiopati Adalah Penyakit Jantung Yang Hadir Tanpa Gejala

Mei 4, 2020 | Jantung | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Penyakit jantung mungkin penyakit yang tidak asing di telinga Anda. Terdapat beberapa jenis penyakit jantung antara lain aritmia, takikardia, penyakit jantung rematik, dan masih banyak lagi. Kardiomiopati adalah penyakit jantung yang hadir tanpa gejala. 

Tapi tahukah Anda terdapat penyakit jantung yang dapat hadir tanpa gejala? Ya, penyakit jantung yang dapat muncul tanpa gejala salah satunya adalah kardiomiopati. 

Apa Itu Kardiomiopati?

Penyakit kardiomiopati merupakan penyakit yang menyerang otot jantung. Ketika terjadi kardiomiopati,  otot jantung akan membesar, tebal, atau kaku.

Ketika kardiomiopati memburuk, jantung menjadi lemah dan kurang mampu memompa darah ke seluruh tubuh dan mempertahankan ritme listrik yang normal. Hal ini dapat menyebabkan gagal jantung atau aritmia (detak jantung yang tidak teratur). Melemahnya jantung juga dapat menyebabkan komplikasi lain, seperti masalah katup jantung. 

Penyebab Kardiomiopati

Penyebab kardiomiopati terkadang masih belum dapat diketahui secara pasti. Namun terdapat beberapa kondisi yang dapat mendorong seseorang mengalami kardiomiopati, yaitu:

  1. Riwayat keluarga dengan kardiomiopati, gagal jantung atau serangan jantung
  2. Penyakit autoimun, jantung koroner, dan serangan jantung
  3. Orang dengan penyakit yang dapat merusak jantung, seperti hemokromatosis, sarkoidosis atau amiloidosis
  4. Mengalami penyakit endokrin seperti kondisi tiroid dan diabetes.
  5. Infeksi pada otot jantung
  6. Konsumsi alkohol secara berlebihan dalam waktu yang panjang, dan penggunaan kokain
  7. Distrofi otot
  8. Kehamilan

Penyakit ini memiliki beberapa tipe, salah satunya yaitu kardiomiopati dilatasi, kardiomiopati restriktif, dan kardiomiopati hipertrofik.

Dilatasi

Jenis kardiomiopati adalah kondisi di mana salah satu ruang pompa (ventrikel) jantung membesar. Kardiomiopati jenis ini sering terjadi pada pria dan merupakan kardiomiopati yang paling umum ditemukan pada anak-anak. Kardiomiopati jenis ini dapat terjadi pada semua usia dan mungkin didapatkan karena riwayat keluarga.

Restriktif

Pada kardiomiopati restriktif biasanya terjadi ketika otot jantung kaku atau terdapat bekas luka. Ini dapat terjadi dengan amiloidosis (penumpukan amiloid pada jaringan tubuh) atau hemokromatosis (zat besi yang berlebihan dalam tubuh). Kardiomiopati jenis ini merupakan jenis kardiomiopati yang jarang ditemukan.

Hipertrofik

Jenis kardiomiopati ini terjadi saat otot jantung menebal. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak atau dewasa muda dan dapat menyebabkan kematian mendadak. Penyakit ini merupakan penyakit yang biasanya diturunkan oleh riwayat keluarga. Selain itu, kardiomiopati hipertrofik dapat terjadi tanpa gejala.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Penyakit Gagal Jantung Yang Dapat Berujung Pada Kematian
Mengenal Aterosklerosis, Penyumbatan Pembuluh Darah Penyebab Serangan Jantung
Mengenal Sakit Jantung Koroner, Penyebab Kematian Nomor Satu Di Dunia
Kenali Gejala Dan Bahaya Stroke Yang Dapat Mengancam Nyawa
Cara Minum Obat Saat Puasa Ramadhan
Gaya Hidup Millennials Yang Menyebabkan Penyakit Kronis

Gejala Kardiomiopati

Penyakit kardiomiopati biasanya tidak menunjukan gejala, sehingga orang dengan kardiomiopati terkadang tidak terdiagnosis. Namun terdapat beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan dan dapat menjadi pertimbangan untuk memeriksakan diri ke dokter, antara lain:

  1. Napas yang pendek atau mengalami kesulitan bernapas
  2. Kelelahan
  3. Pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki
  4. Detak jantung tidak teratur atau jantung berdebar
  5. Syncope, istilah medis untuk pingsan atau pingsan sebentar

Itulah beberapa informasi mengenai kardiomiopati. Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda lebih lanjut.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store, dan dapatkan kemudahan menebus resep obat tanpa antri.

Sumber:
Centers for Disease Control and Prevention
U.S Department of Health and Human Services

Penulis: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis