Kondisi Indonesia yang termasuk dalam negara tropis atau panas adalah salah satu indikasi kenapa pemakaian Ethylhexyl-methoxycinnamate dianjurkan. Tentunya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. 

Ethylhexyl-methoxycinnamate merupakan senyawa campuran yang digunakan pada produk kecantikan, bentuknya bening dan cair. Digunakan sebagai sunblock atau tabir surya yaitu melindungi kulit dari  sinar ultraviolet atau paparan sinar matahari. Biasanya dapat diperoleh dalam kemasan gel, krim, spray, dan lotion. Sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Informasi

Ethylhexyl-methoxycinnamate  bisa juga disebut octinoxate, atau disebut juga dengan Octyl Methoxycinnamate meskipun bentuknya cair namun larutan ini tidak larut dalam air, karena senyawa ini hanya melindungi  dari sinar Ultraviolet B (UVB) jadi efektivitasnya kurang, maka disarankan untuk menggunakan atau mengombinasikan dengan tabir surya lainnya agar terlindung dari sinar Ultraviolet A (UVA) juga.

Selain melindungi kulit dari sinar matahari Ethylhexyl-methoxycinnamate dapat juga digunakan sebagai perawatan luka bakar dan perawatan kulit yang kering. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Ethylhexyl-methoxycinnamate sangat dibutuhkan oleh kulit karena kulit yang terkena paparan sinar ultraviolet dari matahari lama kelamaan  akan menyebabkan kulit menjadi terbakar, kemudian dapat menyebabkan kulit berubah warna kemerahan, sehingga memacu kulit untuk memproduksi melanin (pigmen pemberi warna alami pada kulit). Jika nanti kulit mulai berubah warna menjadi kecoklatan, maka itu artinya kulit sudah mengalami kerusakan. Nantinya jika didiamkan akan berakibat munculnya flek hitam, di sinilah peran dari Ethylhexyl-methoxycinnamate yang terkandung dalam tabir surya. Melindungi kulit tersebut. Peran lainnya adalah mengurangi kulit dari penuaan dini. Selain digunakan pada produk wajah, Ethylhexyl-methoxycinnamate juga digunakan pada tubuh biasanya body lotion, bentukannya yang cair inilah maka dengan mudahnya terserap oleh kulit sehingga dinilai paling efektif melindungi kulit wajah maupun tubuh.

Senyawa ini juga dipakai dalam produk kosmetik sehingga kosmetik yang dipakai memiliki fungsi ganda yaitu sekaligus pelindung sinar matahari. Kandungannya biasa disebut dengan ethylhexyl methoxycinnamate.

Kontraindikasi

Kelompok Orang Berisiko

Orang yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap Ethylhexyl-methoxycinnamate tidak dianjurkan untuk memakainya. Selain itu Ethylhexyl-methoxycinnamate juga tidak direkomendasikan untuk ibu hamil, ibu menyusui, bayi, anak-anak terutama yang usianya kurang dari dua belas tahun, dan juga pada orang lanjut usia.

Efek Samping

Efek samping pada pemakaian Ethylhexyl-methoxycinnamate biasanya kulit mengalami iritasi seperti menjadi kemerahan, ada rasa seperti terbakar dan tersengat  pada kulit, dermatitis atau ruam kulit ditandai dengan bercak-bercak merah. Selain itu dapat menimbulkan kulit kering serta merah pada kulit dan dan terdapat rongga air (eritema transien). 

Dampak pemakaian yang panjang terhadap penggunaan tabir surya juga berpengaruh pada kesuburan dan pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, diperlukannya dalam pemakaian untuk melakukan konsultasi dengan dokter dalam pemakaiannya, dan menceritakan kondisi yang dialami agar efek yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Cara Pemakaian

Pemakaian ethylhexyl-methoxycinnamate sebaiknya digunakan sebelum beraktivitas di luar ruangan, cairan ini biasanya berbentuk krim dan gel, sediaan krim diperuntukkan bagi kulit kering sedangkan sediaan gel diperuntukkan untuk kulit berminyak, jadi oleskan secara merata dan tipis-tipis ke seluruh wajah atau bagian tubuh yang dikehendaki, oleskan lima belas menit  sebelumnya. Yang perlu diperhatikan selain itu adalah memastikan kulit wajah bersih, jadi sebaiknya bersihkan muka dengan pembersih wajah atau sabun muka kemudian lap sampai benar-benar kering. Ketika mengolesnya hindari daerah di area sekitar mata dan mukosa yang berdekatan dengan bibir.

Jika dipakai untuk berenang atau berjemur pakailah setelah menggunakannya selama tiga puluh menit atau saat tubuh mengeluarkan banyak keringat.

Dalam penggunaannya hendaknya mempelajari label pada produk (pada kemasannya), Simpan produk yang mengandung Ethylhexyl-methoxycinnamate Di tempat yang terhindar dari cahaya matahari, atau di tempat yang sejuk. Pemakaian hendaknya dengan petunjuk pada kemasan atau petunjuk yang disampaikan oleh dokter, jika terjadi iritasi berkepanjangan pada kulit segera hentikan pemakaiannya dan segera berkunjung ke dokter.

Pemakaian krim ini juga dipakai sebagai perawatan kulit, yaitu setelah menggunakan krim malam siangnya menggunakan produk yang mengandung senyawa Ethylhexyl-methoxycinnamate agar efektivitas dari penggunaan krim malam lebih  maksimal. Untuk perawatan kulit menjadi lebih putih disertakan juga krim pagi yang mengandung Ethylhexyl-methoxycinnamate. Namun tentunya dengan petunjuk dokter. Untuk proses perawatan kulit dianjurkan mengulang pengolesan Ethylhexyl-methoxycinnamate saat terlalu lama berada di luar ruangan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?