fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf HDaftar Golongan Obat Hipertensi Beserta Mekanismenya

Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah dalam tubuh berada di atas normal. Penyakit hipertensi tentu sangat berbahaya karena dapat memicu masalah pada berbagai organ dalam tubuh bahkan dapat menyebabkan kematian dini. Ragam golongan obat hipertensi tentu bisa menjadi solusi untuk mengatasi penyakit ini.

Golongan_Obat_Hipertensi

Sebelum hipertensi datang menyerang, maka perlu dilakukan tindak pencegahan. Namun ketika serangan hipertensi sudah menghampiri tubuh, maka tindak pengobatan yang tepat perlu dilakukan. Agar proses kesembuhan dapat berjalan dengan lancar, maka penggunaan obat yang tepat perlu dilakukan.

Jenis Golongan Obat Hipertensi

Dalam proses penyembuhan hipertensi, ada beragam golongan obat yang bisa digunakan. Namun perlu diperhatikan bahwa obat hipertensi dengan beragam jenis memiliki mekanisme kerja yang berbeda-beda. Oleh karena itu, golongan obat yang biasa dikonsumsi oleh satu orang akan berbeda dengan orang lain. Beberapa jenis golongan obat yang digunakan dalam proses penyembuhan hipertensi antara lain:

  1. Diuretik

Obat hipertensi golongan diuretik merupakan golongan obat pertama yang banyak digunakan untuk menangani penyakit hipertensi. Mekanisme diuretik untuk mengatasi hipertensi yaitu dengan menekan reabsorpsi natrium pada tubulus ginjal sehingga ekskresi natrium dan air dapat ditingkatkan. Contoh obat hipertensi dari golongan diuretik antara lain Triamterene (Dyazide dan Maxzide) atau Spironolactone (Aldactone).

  1. Penghambat Reseptor Beta Adrenergik

Golongan obat jenis ini bekerja dengan cara menghambat reseptor beta adrenergik sehingga pelepasan renin dapat dihambat.  Contoh obat dari golongan penghambat reseptor beta adrenergik antara lain acebutolol, metoprolol, atau atenolol (Tenormin).

  1. Penghambat Renin

Obat hipertensi penghambat renin bekerja dengan cara memecah angiotensinogen menjadi angiotensin. Golongan ini termasuk kedalam obat hipertensi jenis baru. Contoh obat dari golongan penghambat renin antara lain Aliskiren.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Penghambat Reseptor Angiotensin II (ARBs)

Penghambat reseptor angiotensin II bekerja dengan cara menghambat reseptor angiotensin II sehingga menimbulkan efek vasodilatasi, penurunan aktivitas saraf simpatik, dan penurunan aldosterone. Contoh obat dari golongan penghambat reseptor angiotensin II antara lain candesartan (Atacand), valsartan (Diovan) atau losartan (Cozaar).

  1. Penghambat Angiotensin Converting Enzyme (ACE)

Golongan ACE bekerja dengan cara menghambat enzim yang mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II. Angiotensin sendiri merupakan zat yang dapat memicu peningkatan tekanan darah. Contoh obat dari golongan Angiotensin Converting Enzyme (ACE) antara lain lisinopril (Zestril dan Prinivil), Captopril, dan Benazepril (Lotensin).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Penghambat Saluran Kalsium

Golongan obat ini bekerja dengan cara merelaksasi kerja otot dan jantung sehingga ion kalsium yang masuk kedalam intrasel dapat dihambat. Contoh obat dari golongan penghambat saluran kalsium antara lain Verapamil, Amlodipine, Diltiazem, dan Felodipine.

  1. Penghambat Simpatik

Obat hipertensi penghambat simpatik bekerja dengan cara menghambat pelepasan norepinefrin sehingga saraf simpatik dapat terstimulasi dengan baik. Contoh obat dari golongan penghambat simpatik antara lain Terazosin, Tamsulosin, dan Prazosin.

  1. Antagonist Aldosterone

Golongan obat antagonis aldosterone bekerja dengan cara menahan retensi natrium. Namun golongan obat ini dapat memberikan efek samping antara lain gagal ginjal. Contoh obat dari golongan antagonis aldosterone antara lain Spironolactone dan Eplerenone (Inspra).

  1. Antagonis Reseptor Adrenergik

Mekanisme kerja obat hipertensi golongan antagonis reseptor adrenergik yaitu menghambat adrenergik sehingga menghambat pelepasan katekolamin. Selain itu, golongan obat ini dapat menurunkan resistensi perifer yang dapat memperlambat laju jantung. Contoh obat dari golongan antagonis reseptor adrenergik antara lain Labetalol dan Carvedilol.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Vasodilator Arteriolar

Obat golongan vasodilator arteriolar bekerja dengan cara merelaksasi otot polos arteriolar sehingga peningkatan laju jantung dan pelepasan renin dapat ditingkatkan. Contoh obat hipertensi dari golongan vasodilator arteriolar antara lain Hidralazin, Minoxidil dan Nitroprussid.

  1. Central Agonist

Golongan obat jenis ini bekerja dengan cara menghentikan sinyal yang mempersempit pembuluh darah dan mempercepat kerja jantung. Contoh obat hipertensi dari golongan ini antara lain Methyldopa, Guanfacine, dan Clonidine.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Memilih Obat Hipertensi dan Peringatan Penggunaanya

Pemilihan jenis obat hipertensi selalu menggunakan saran dari dokter. Jika hipertensi berada pada tingkat 1, maka obat yang disarankan masih menggunakan satu jenis obat. Namun jika kondisi hipertensi masih belum membuahkan hasil yang maksimal, maka dokter baru akan menyarankan dua jenis obat yang dikombinasikan.

Ragam jenis obat hipertensi memang dapat memberikan efek yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Walaupun begitu, ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat hipertensi. Kondisi khusus tersebut antara lain:

  • Hamil dan menyusui
  • Memiliki masalah pada organ reproduksi
  • Diabetes

Salah satu obat hipertensi yang dapat Anda beli di Lifepack adalah Lodoz 2.5MG/6.25MG 30 Tablet (Rp 255.000). Obat dengan kandungan zat aktif Bisoprolol dan Hydrochlorothiazide ini dapatmembantu menstabilkan tekanan darah dan laju kerja jantung.

Itulah tadi ragam golongan obat hipertensi yang biasa digunakan. Sebelum memutuskan untuk memilih obat untuk kesembuhan hipertensi Anda, maka konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sehingga mereka dapat merekomendasikan jenis obat hipertensi terbaik. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dokter Lifepack, dr. Irma Lidia, menambahkan “kontrol ke dokter dan minumlah obat yang diresepkan secara teratur untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.”Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis hepatitis berbahaya

Jenis-jenis Hepatitis yang Berbahaya Bagi Tubuh

direktoriPenyakit   21/06/2022
hepatitis a pada anak

Hepatitis A Pada Anak: Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

hepatitis akut

Berapa Usia Rentan Hepatitis Akut?

penularan hepatitis

Cara Penularan Hepatitis Akut Pada Anak

hidung tersumbat

Hidung Tersumbat 101: Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengatasi

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman