Biar Langgeng, Penting Jadwal Rutin Hubungan Badan Suami Istri

Jun 26, 2020 | Seks | 0 comments

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Setelah menikah, maka setiap pasangan diwajibkan mengetahui segala hal apapun yang berhubungan dengan suami dan istri, khususnya mengenai hubungan seks atau intim. Pasalnya, berhubungan seks menjadi salah satu bagian terpenting dalam pernikahan. Jika terjadi masalah berkaitan dengan seks, hal ini akan mengakibatkan hubungan suami dan istri menjadi renggang bahwa bisa menjadi faktor pemicu perselisihan. 

Selain bertujuan untuk mendapatkan keturunan, melakukan hubungan seks dapat membuat hubungan antara Anda dan pasangan akan semakin lebih intim. Berhubungan seks mampu menciptakan kebahagiaan jika Anda melakukannya dengan tepat dan penuh cinta. Maksud dari melakukan seks secara tepat yaitu dilakukan di waktu atau intensitas yang tepat. 

Pada waktu yang tepat misalnya saat Anda dan pasangan paham kapan mood sedang baik, sehingga hubungan seks pun dapat dinikmati bersama oleh kedua belah pihak. Sedangkan intensitas yang tepat misalnya seberapa giat atau rajinnya Anda dan pasangan melakukan hubungan intim jika ingin cepat mendapatkan keturunan. Intensitas hubungan seks yang kurang, memungkinkan hubungan diantaranya keduanya juga menjadi kurang intim.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda dan pasangan membuat sebuah jadwal khusus untuk melakukan hubungan suami istri. Pada salah satu situs Asiaone memaparkan bahwa setiap pasangan yang membuat jadwal berhubungan seks, maka mereka akan lebih berusaha menjaga penuh pada komitmen hubungan pernikahan mereka. 

Pentingnya seks dalam hubungan suami dan istri

Salah satu survei yang dilakukan sebuah media di Inggris kepada beberapa pasangan sebagai responden mengenai bagaimana mereka menjaga keintiman hubungan bersama pasangan. Hasil dari survey tersebut ternyata mayoritas jawaban dari mereka memiliki jawaban yang sama. Salah satu responden bernama Ar’nie Rozah Krogh, mengatakan bahwa kunci kebahagiaan dalam pernikahan adalah berhubungan seks secara teratur. 

Lalu untuk mengatasi masalah-masalah lainnya seperti libido rendah, stres, dan kelelahan, Krogh dan suaminya membuat sebuah jadwal berhubungan seks pada waktu yang tepat. Bagi mereka, hal itu bertujuan untuk menjaga gairah dalam melakukan seks serta mengembalikan keintiman dalam hubungan. Menurut Krogh, dengan membuat jadwal seks menjadikan tanda kedewasaan dalam komunikasi antara kedua individu dalam ikatan pernikahan.

Kapan harus membuat jadwal seks?

Salah satu pakar lain berpendapat, seorang sex educator Emily Nagoski mengatakan jika akan membuat jadwal seks maka sebaiknya Anda diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari jadwal kegiatan pribadi Anda tidak terjadi bentrok atau mengganggu jadwal kegiatan pasangan yang sudah disusun sebelumnya. Menurutnya Emily, Anda dan pasangan perlu membuat kesepakatan agar seks dapat dilakukan saat akhir pekan atau setidaknya dapat merencanakan jadwal paling tidak seminggu sekali. 

Selain itu, pasangan suami istri juga perlu mendiskusikan tentang jumlah minimal berhubungan seks dalam jangka waktu tertentu. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya rasa bosan dalam melakukan percintaan.  Anda juga perlu mengingat bahwa seks yang dilakukan secara spontan tidak akan selalu membuat kesenangan terlebih lagi pada para pasangan baru. 

Karena tentunya butuh penyesuaian diri dengan ritme hubungan suami istri, dan untuk beradaptasi dengan teknik tertentu yang dapat membuat Anda dan pasangan mencapai kenikmatan bersama saat sedang melakukan hubungan intim. Dalam melakukan hubungan seks, Anda dan pasangan harus saling menghargai satu sama lain. Saling mengucapkan terima kasih kepada pasangan atas segala hal yang telah dilakukan bersama. 

Agar hubungan Anda dan pasangan semakin intim, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk membuat jadwal hubungan seks:

Membuat Jadwal Secara Implisit

Buatlah perencanaan jadwal seks secara implisit, yakni tidak mengharuskan Anda dan pasangan bercinta pada waktu yang sudah ditentukan, Anda dapat membuat jadwalnya secara lebih lembut tanpa ada unsur paksaan. 

Misalnya, Anda diskusikan dengan pasangan untuk berhubungan intim pada hari Sabtu pagi saat anak-anak belum bangun lebih cepat dari hari biasanya. Anda juga bisa memberikan isyarat kepada pasangan untuk menjadwalkan waktu berduaan pada akhir pekan.

Biarkan Pasangan yang Mengatur Jadwal

Jika sejauh ini Anda yang lebih sering membuat jadwal untuk hubungan seks, maka tidak ada salahnya membiarkan pasangan Anda yang mengaturnya sesekali. Cara ini cukup efektif bagi pasangan yang memiliki gairah seks yang rendah. Hal ini akan ada banyak ‘kejutan’ dan pasangan Anda bisa mendapatkan keinginannya saat rencananya berhasil.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
LDR dengan Suami? Istri Bisa Coba 5 Teknik Masturbasi ini
8 Tanda Masa Subur Wanita untuk Peluang Hamil Lebih Cepat
8 Posisi Bercinta Paling Nikmat untuk Suami Istri
5 Cara Membuat Kehidupan Berhubungan Seks Membaik
Penyakit yang Sering Menyerang Sistem Reproduksi Wanita
Redam Penetrasi Sakit dengan Lakukan 5 Posisi Seks Ini
Mengenal Organ Reproduksi dan Macam-Macam Penyakitnya
Bahaya Merokok Terhadap Kesuburan Pria dan Wanita

Tidak Perlu Memaksa

Dalam hal ini, Anda dan pasangan perlu juga membuat kesepakatan bahwa tidak ada unsur pemaksaan dalam membuat jadwal seks jika Anda atau pasangan tidak mau. 

Membuat jadwal seks memang bertujuan untuk menghidupkan kembali keintiman hubungan suami dan istri. Namun, cara ini diperlukan komunikasi yang baik antara Anda dan pasangan agar hubungan sudah terjalin tetap bergairah dan tidak cepat pudar.

Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan konsultasi dokter dengan mudah dan tebus resep obat tanpa antri.