fbpx
BerandaDiabetesBagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

cara menyembuhkan diabetes

Diabetes atau yang lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai penyakit gula atau kencing manis, merupakan penyakit yang ditandai dengan menumpuknya glukosa di dalam darah. Salah satu faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengidap diabetes ini adalah faktor keturunan. Lalu, apakah ada cara menyembuhkan penyakit diabetes ini? Simak penjelasannya berikut ini. 

Diabetes Merupakan Penyakit yang Tak Bisa Disembuhkan 

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang menakutkan bagi masyarakat. Salah satu penyebab mengapa penyakit ini begitu ditakuti adalah pengaruhnya pada proses penyembuhan luka. Penderita diabetes memang diketahui akan mengalami proses penyembuhan luka yang lambat. Penanganan luka yang terlambat bahkan bisa menyebabkan amputasi pada bagian tubuh. 

Lalu, apakah penyakit diabetes ini bisa disembuhkan? Sayangnya, sejauh ini belum ditemukan adanya obat atau prosedur kesehatan yang bisa menyembuhkan baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2. Maknanya, penderita diabetes harus hidup berdampingan dengan penyakit diabetes tersebut seumur hidupnya. 

Namun, meskipun tak ada cara menyembuhkan penyakit diabetes, penyakit ini bisa dikontrol agar kondisi kesehatan penderitanya tidak semakin memburuk. Perawatan serta pengobatan atas penyakit diabetes yang diderita ini memungkinkan penderitanya untuk menjalani hidup layaknya orang yang sehat. Jadi, menderita diabetes bukanlah akhir dari segalanya bagi para penderitanya.  

“Penderita diabetes sebaiknya mengontrol gula darahnya baik dengan mengatur pola makan (makan diet tinggi, makanan segar dan bergizi, termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, dan sumber lemak sehat, seperti kacang-kacangan, dan menghindari makanan tinggi gula/kalori kosong). Jangan lupa untuk berusaha olahraga setidaknya 30 menit sehari pada setidaknya 5 hari dalam seminggu, seperti berjalan kaki, aerobik, mengendarai sepeda, atau berenang. dan konsumsi obat sesuai yang diresepkan dokter secara teratur dan kontrol rutin ke dokter.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter dari Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pengobatan untuk Penderita Tipe 1

Kondisi penderita diabetes tipe 1 ditandai dengan tidak adanya produksi hormon insulin di dalam tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh kondisi autoimun, di mana sistem imun yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, atau kuman, malah menghancurkan sel pada pankreas yang seharusnya bekerja untuk memproduksi hormon insulin dalam tubuh. 

Mengingat di dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 sama sekali tak tersedia insulin, maka bentuk perawatan yang diberikan adalah berupa terapi insulin atau injeksi hormon insulin. Penderita diabetes tipe 1 ini sepenuhnya bergantung pada terapi insulin seumur hidupnya. Insulin tersebut diinjeksikan ke dalam tubuh melalui jarum suntik lewat pembuluh darah di bawah kulit.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ada beberapa tipe hormon insulin yang digunakan dalam proses terapi insulin ini. Perbedaan antara tiap tipe hormon insulin ini terletak pada lama waktu reaksinya, serta lamanya hormon insulin ini bertahan di dalam tubuh. Makanya tak heran jika ada penderita diabetes tipe 1 yang harus menginjeksikan hormon insulin beberapa kali dalam sehari. Berikut ini adalah tipe insulin tersebut. 

  1. Rapid-acting insulin, tipe insulin ini bekerja setelah 15 menit disuntikkan dan akan bertahan selama 3 hingga 4 jam. Insulin ini biasanya diinjeksikan tepat sebelum makan. 
  2. Short-acting insulin, tipe insulin ini bekerja setelah 30 hingga 60 menit disuntikkan dan akan bertahan selama 5 hingga 8 jam. Insulin ini harus diinjeksikan sebelum makan. 
  3. Intermediate-acting insulin, tipe insulin ini akan bekerja setelah 1 hingga 2 jam disuntikkan dan akan bertahan selama 14 hingga 16 jam. 
  4. Long-acting insulin, tipe insulin ini akan bekerja setelah 2 jam disuntikkan dan akan bertahan hingga 24 jam atau lebih.

Pengobatan untuk Penderita Tipe 2

cara menyembuhkan diabetes

Berbeda dengan  kondisi tubuh diabetes tipe 1, tubuh penderita diabetes tipe 2 masih bisa memproduksi hormon insulin. Sayangnya, jumlah yang diproduksinya tak memadai untuk mengolah glukosa menjadi energi. Diabetes 2 juga ditandai dengan tubuh yang tak sensitif akan hormon insulin, sehingga hormon insulin tak bisa berguna sebagai mestinya. Berikut ini adalah obat yang diberikan pada penderita diabetes tipe 2.

  1. Metformin

Obat yang kerap diresepkan oleh dokter di awal seseorang terdiagnosa dengan diabetes tipe 2 adalah metformin. Obat ini bekerja dalam tubuh dengan cara menurunkan produksi glukosa di liver, serta meningkatkan kesensitivitasan tubuh akan hormon insulin. Alhasil, hormon insulin pun dapat efektif digunakan. Efek samping yang dipicu dari konsumsi metformin seperti kembung, mual, dan diare. 

  1. Sulfonilurea

Pengonsumsian sulfonilurea akan membantu tubuh penderita diabetes tipe 2 untuk mengeluarkan lebih banyak hormon insulin. Alhasil, glukosa tak akan menumpuk di dalam darah, melainkan di bawa ke dalam sel untuk kemudian digunakan sebagai sumber energi sebagaimana normalnya. Efek samping pengkonsumsian sulfonilurea seperti gula darah rendah dan berat badan yang meningkat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Glinid

Glinid merupakan obat untuk diabetes tipe 2 yang bekerja dengan cara menstimulasi pankreas untuk memproduksi lebih banyak hormon insulin. Glinid memiliki proses kerja yang lebih cepat dengan durasi efeknya yang lebih singkat di dalam tubuh dibandingkan dengan sulfonilurea. Sama halnya dengan sulfonilurea, Glinid pun berpotensi memicu gula darah rendah dan naiknya berat badan.  

Walau tak ada cara menyembuhkan penyakit diabetes ini, jangan sampai para penderitanya kehilangan semangat untuk menjalankan hidup. Penanganan yang tepat seperti terapi insulin dan pengonsumsian obat khusus diabetes dapat menghindari memburuknya kondisi para penderita diabetes. Para penderita diabetes pun bisa menjalankan aktivitas layaknya orang sehat. Jangan lupa untuk selalu kontrol kadar gula darah Anda menggunakan Accu-chek Active New Family Pack Extra – 1 buah – Alat tes gula darah/glukosa Accu Check (Rp513.700) untuk mencegah terjadinya gangren.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
kencing manis basah

Kencing Manis Basah

Diabetes   14/10/2021
kencing manis pada pria

Waspadai Gejala Kencing Manis pada Pria Sedari Dini

Diabetes   12/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman