fbpx
BerandaHidup SehatMengenal Penyebab, Gejala dan Jenis-jenis Anxiety Disorder

Kini, mental health sudah banyak diperhatikan dan dirawat oleh kebanyakan masyarakat. Mental health adalah kesehatan jiwa di mana individu dapat menjaga kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosialnya. Jika tidak dijaga, jiwa dapat mengalami beberapa gangguan yang salah satunya adalah gangguan kecemasan.

Mengenal Penyebab Gejala dan Jenis-jenis Anxiety Disorder

Kecemasan merupakan hal umum yang dialami oleh semua orang. Kecemasan biasanya berupa perasaan takut dan gelisah. Ketika Anda mengalami kecemasan, mungkin Anda akan berkeringat, merasa gelisah atau tegang, dan detak jantung menjadi lebih cepat. Namun jika perasaan cemas berlangsung secara terus menerus hingga menimbulkan beberapa gejala, bisa jadi Anda mengalami gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Apa itu Anxiety Disorder?

Anxiety disorder adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengalami kecemasan secara terus-menerus, bahkan dapat semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

Anxiety disorder adalah gangguan dapat menimbulkan gejala yang membuat Anda kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Penyebab Anxiety Disorder

Sampai saat ini penyebab anxiety atau gangguan kecemasan masih belum diketahui secara pasti. Namun adapun faktor anxiety yang dapat datang dari beragam kondisi, seperti genetik, biologi, reaksi kimia, stres, dan lingkungan diyakini berperan dalam terjadinya gangguan kecemasan.

Jenis-jenis Anxiety Disorder

Jenis anxiety ada bermacam-macam. Untuk menentukannya, Anda harus mendapatkan asesmen langsung dari psikolog dan psikiater agar dapat secara pasti menentukan jenis anxiety yang diderita.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Generalized Anxiety Disorder (GAD)

Generalized Anxiety Disorder adalah gangguan kecemasan yang biasanya mengkhawatirkan masalah-masalah yang umum dan dialami oleh banyak orang seperti kesehatan, uang, pekerjaan, dan keluarga. Meski kecemasan ini umum dialami banyak orang, tetapi kecemasan yang dialami oleh penderita GAD berlebihan dan hampir setiap hari. 

Kecemasan pada GAD biasanya dialami setidaknya selama 6 bulan. Pada tipe ini, gangguan kecemasan dapat menimbulkan gejala berupa:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Merasa gelisah dan bingung
  • Mudah lelah
  • Mengalami kesulitan berkonsentrasi dan pikiran menjadi kosong
  • Menjadi mudah tersinggung
  • Mengalami ketegangan otot
  • Kesulitan mengendalikan perasaan khawatir
  • Mengalami masalah tidur, gelisah, atau kualitas tidur menjadi berkurang

Panic Disorder

Orang dengan panic disorder biasanya sering mengalami panic attack atau serangan panik. Peristiwa panic attack merupakan waktu di mana seseorang mengalami ketakutan intens yang datang secara tiba-tiba dan berulang. Serangan panik datang dengan cepat dan bisa berlangsung dalam beberapa menit atau lebih. 

Serangan dapat terjadi secara tidak terduga yang disebabkan oleh pemicu, seperti objek atau situasi yang ditakuti. Ketika serangan panik terjadi, biasanya seseorang akan mengalami beberapa gejala seperti:

  • Jantung berdebar-debar
  • Berkeringat
  • Gemetar 
  • Sensasi sesak napas atau tenggorokan terasa seperti tercekik
  • Perasaan menjadi gelisah atau buruk 
  • Perasaan yang tidak dapat dikendalikan

Fobia

Orang dengan fobia sangat takut pada sesuatu seperti barang, hewan, atau suatu peristiwa. Ketakutan dapat berupa ketakutan terhadap laba-laba, terbang, pergi ke tempat keramaian, atau berada dalam situasi sosial (dikenal sebagai kecemasan sosial). 

Orang dengan fobia biasanya akan mengalami beberapa gejala ketika ia bertemu dengan pemicu fobianya, seperti:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Memiliki kekhawatiran yang tidak rasional atau berlebihan terhadap suatu objek atau situasi
  • Menghindari objek atau situasi yang ditakuti
  • Merasa cemas ketika menghadapi objek atau situasi yang ditakuti

Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Obsessive Compulsive Disorder (OCD) adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan obsesi atau perilaku berulang (kompulsif). Perilaku berulang yang dilakukan contohnya seperti mencuci tangan, menghitung, memeriksa, atau membersihkan sering dilakukan dengan harapan dapat mencegah hal buruk terjadi. 

Post Trauma Stress Disorder (PTSD)

Post Trauma Stress Disorder (PTSD) adalah gangguan kecemasan yang dapat berkembang setelah mengalami peristiwa atau cobaan yang mengerikan di mana dapat terjadi cedera fisik yang parah terjadi mengancam nyawa. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Peristiwa traumatis yang dapat memicu PTSD seperti serangan kekerasan pribadi, bencana alam, kecelakaan, atau hal traumatis lainnya.

Cara mengatasi anxiety

Untuk sebagian orang, teknik pernapasan dan meditasi dapat membantu meringankan gejala kecemasan. Selain itu, teknik cara menjaga mental seperti bersyukur dan mencoba berpikir positif mungkin dapat menjadi salah satu cara mencegah kecemasan terjadi.

Namun untuk pasien kecemasan dalam tingkat sedang atau parah, mungkin dibutuhkan psikoterapi dan pengobatan. Anda harus berkonsultasi dahulu dengan terapis atau psikolog agar dapat mendiagnosa tingkat kecemasan Anda.

Itulah penyebab, gejala, dan jenis-jenis anxiety disorder. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, segera temui dokter atau tenaga profesional di bidang kesehatan mental lainnya untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar anxiety disorder. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan dari psikiater untuk membantu mengatasi gejala-gejala anxiety disorder hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
antiplatelet dan antikoagulan

Perbedaan Antiplatelet dan Antikoagulan sebagai Obat Pengencer Darah

Uncategorized   11/01/2023
angiotensin receptor-neprilysin inhibitor (ARNI)

Angiotensin Receptor-Neprilysin Inhibitor (ARNI), Pengobatan untuk Gagal Jantung

olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman