fbpx

Mengenal Penyebab, Gejala dan Jenis-jenis Anxiety Disorder

Agu 21, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Anxiety disorder adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kecemasan secara terus menerus bahkan dapat semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Anxiety disorder adalah gangguan dapat menimbulkan gejala yang membuat Anda kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Anda tentu pernah mengalami kecemasan bukan? Kecemasan merupakan hal umum yang dialami oleh semua orang. Kecemasan biasanya berupa perasaan takut dan gelisah. Ketika Anda mengalami kecemasan, mungkin Anda akan berkeringat, merasa gelisah atau tegang, dan detak jantung menjadi cepat. Namun jika perasaan cemas berlangsung secara terus menerus hingga menimbulkan beberapa gejala, bisa jadi Anda mengalami gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Penyebab Anxiety Disorder

Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari gangguan kecemasan. Faktor-faktor lain seperti genetik, biologi, reaksi kimia, stres, dan lingkungan diyakini berperan dalam terjadinya gangguan kecemasan.

Jenis-jenis Anxiety Disorder

Generalized Anxiety Disorder (GAD)

Generalized Anxiety Disorder adalah gangguan kecemasan yang biasanya mengkhawatirkan masalah-masalah yang umum dan dialami oleh banyak orang seperti kesehatan, uang, pekerjaan, dan keluarga. Tetapi kecemasan yang dialami oleh penderita GAD berlebihan dan hampir setiap hari . Kecemasan pada GAD biasanya dialami setidaknya selama 6 bulan. Pada tipe ini, gangguan kecemasan dapat menimbulkan gejala berupa:

  • Merasa gelisah dan bingung
  • Mudah lelah
  • Mengalami kesulitan berkonsentrasi dan pikiran menjadi kosong
  • Menjadi mudah tersinggung
  • Mengalami ketegangan otot
  • Kesulitan mengendalikan perasaan khawatir
  • Mengalami masalah tidur, gelisah, atau kualitas tidur menjadi berkurang

Panic Disorder

Orang dengan panic disorder biasanya sering mengalami panic attack atau serangan panik. Peristiwa panic attack merupakan waktu dimana seseorang mengalami ketakutan intens yang datang secara tiba-tiba dan berulang. Serangan panik datang dengan cepat dan bisa berlangsung dalam beberapa menit atau lebih. Serangan dapat terjadi secara tidak terduga yang disebabkan oleh pemicu, seperti objek atau situasi yang ditakuti. Ketika serangan panik terjadi, biasanya seseorang akan mengalami beberapa gejala seperti:

  • Jantung berdebar-debar
  • Berkeringat
  • Gemetar 
  • Sensasi sesak napas atau tenggorokan terasa seperti tercekik
  • Perasaan menjadi gelisah atau buruk 
  • Perasaan yang tidak dapat dikendalikan

Fobia

Orang dengan fobia sangat takut pada sesuatu seperti barang, hewan, atau suatu peristiwa. Ketakutan dapat berupa ketakutan terhadap laba-laba, terbang, pergi ke tempat keramaian, atau berada dalam situasi sosial (dikenal sebagai kecemasan sosial). Orang dengan fobia biasanya akan mengalami beberapa gejala ketika ia bertemu dengan pemicu fobianya, seperti:

  • Memiliki kekhawatiran yang tidak rasional atau berlebihan terhadap suatu objek atau situasi
  • Menghindari objek atau situasi yang ditakuti
  • Merasa cemas ketika menghadapi objek atau situasi yang ditakuti

Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Obsessive Compulsive Disorder (OCD) adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan obsesi atau perilaku berulang (kompulsi). Perilaku berulang seperti mencuci tangan, menghitung, memeriksa, atau membersihkan sering dilakukan dengan harapan dapat mencegah hal buruk terjadi. 

Post Trauma Stress Disorder (PTSD)

Post Trauma Stress Disorder (PTSD) adalah gangguan kecemasan yang dapat berkembang setelah mengalami peristiwa atau cobaan yang mengerikan di mana dapat terjadi cedera fisik yang parah terjadi mengancam nyawa. Peristiwa traumatis yang dapat memicu PTSD seperti serangan kekerasan pribadi, bencana alam, kecelakaan, atau hal traumatis lainnya.

Itulah penyebab, gejala, dan jenis-jenis anxiety disorder. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, segera temui dokter atau tenaga profesional di bidang kesehatan mental lainnya untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan Anda? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan tebus resep obat dari rumah sekarang juga.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

MedlinePlus. Anxiety. Diakses pada 2020.

Office on Woman’s Health. Anxiety Disorder. Diakses pada 2020.

U.S National Institute of Mental Health. Anxiety Disorder. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis