fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf K5 Penyebab Kolesterol Naik Drastis Saat Liburan

Saat liburan, kemungkinan kolesterol Anda naik drastis lebih tinggi. Kolesterol tinggi sendiri disebabkan oleh berbagai faktor seperti pola makan yang tidak baik hingga gaya hidup yang kurang sehat. Dari banyaknya kemungkinan, simak 5 penyebab kolesterol naik drastis yang mungkin Anda alami.

1. Stress

Tidak semua rencana liburan dapat berjalan dengan sempurna dan mengakibatkan stres. Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, termasuk kolesterol tinggi. 

Stres dapat meningkatkan kolesterol jahat (low density lipoprotein atau LDL) dan secara bersamaan menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein atau HDL). Hormon yang dihasilkan saat stress seperti kortisol dan adrenalin dapat memicu perubahan di dalam tubuh yang dapat menyebabkan gula darah lebih tinggi. Untuk dapat bekerja dengan normal, liver Anda harus memompa lebih banyak kolesterol dan lemak darah yang disebut trigliserida.

2. Minum kopi yang tidak difilter

Di saat mengunjungi rest area atau restoran mungkin Anda memilih opsi kopi hitam atau kopi lainnya yang tidak difilter. Padahal kopi tanpa filter seperti french press, turkish coffee, atau espresso dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan signifikan.

Kopi yang tidak menggunakan filter mengandung senyawa berminyak dalam biji kopi. Anda harus berhati-hati karena minyak inilah yang dapat meningkatkan kolesterol LDL. Anda masih boleh mengonsumsi satu atau dua porsi kopi filter dalam sehari, tapo pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari empat kopi tanpa filter dalam sehari.

3. Duduk terlalu lama bisa menjadi penyebab kolesterol naik drastis

Duduk lama hingga berjam-jam meningkatkan resiko Anda menderita obesitas, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ketika Anda duduk terlalu lama, enzim yang mengubah kolesterol LDL menjadi kolesterol HDL akan turun hingga 95%. Maka dari itu, Anda tetap harus berdiri disela-sela istirahat sekadar untuk meregangkan kaki dan membakar lemak. Berdiri sekali dalam setiap 30 menit setara dengan berjalan kaki 5 menit setiap jam.

4. Terlalu banyak konsumsi gula

Terlalu banyak kadar gula di tubuh tentunya akan membuat hati Anda dipenuhi dengan kolesterol LDL dan kekurangan HDL. Suatu studi menemukan bahwa seseorang yang kalorinya 10% meninggi karena asupan gula tambahan kemungkinan besar memiliki kadar HDL yang rendah sehingga menjadi penyebab kolesterol tinggi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

5. Terlalu banyak minum alkohol

Kadar alkohol yang terlalu tinggi dapat memengaruhi kolesterol Anda. Sebuah studi menemukan bahwa pria yang minum alkohol hingga 4 porsi atau lebih dalam satu hari memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak. 

Itulah tadi 5 penyebab kolesterol naik yang dapat Anda alami pada saat liburan tahun baru dan natal. Dengan mengetahui kemungkinan penyebabnya, Anda bisa lebih berhati-hati untuk menjaga kadar kolesterol.

Risiko Kolesterol Naik

Kolesterol yang meningkat harus sangat diwaspadai. Kolesterol tinggi dapat membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap beberapa penyakit kronis seperti berikut:

Sakit dada. Arteri yang mengantarkan darah ke jantung dapat mengalami aterosklerosis ketika kadar kolesterol Anda sangat tinggi. Aterosklerosis merupakan penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh adanya timbunan plak kolesterol. Anda bisa mengalami nyeri dada (angina) atau gejala penyakit arteri koroner lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Serangan jantung. Jika plak timbunan kolesterol di dalam pembuluh darah robek, darah akan menggumpal dan menghalangi aliran darah. Aliran darah yang terganggu tentunya akan menyebabkan pasokan darah ke jantung tidak cukup dan menyebabkan serangan jantung.

Stroke. Stroke dapat terjadi karena alasan yang sama seperti serangan jantung. Jika timbunan kolesterol menyebabkan gumpalan darah dan membuat pembuluh darah menyempit, aliran darah ke bagian otak akan terhambat dan menyebabkan stroke.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi 

Kolesterol tinggi pada umumnya dapat ditangani dengan konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter. Namun, Anda juga bisa mencoba menurunkannya dengan berbagai aktivitas berikut:

1. Bergerak selama 30 menit untuk menurunkan kolesterol naik

Olahraga atau bergerak aktif selama setengah jam setiap 5 hari dalam seminggu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik Anda. Anda akan mendapatkan berat badan yang sehat dan tentunya memiliki risiko kolesterol yang rendah. Anda dapat membagi waktu 30 menit menjadi sesi 10 menit dengan istirahat beberapa menit di antara sesinya. 

2. Mulai hari dengan sereal biji-bijian (oatmeal)

Anda bisa memulai hari dengan sarapan semangkuk oatmeal. Selain membuat Anda kenyang dan bernutrisi, serat di oatmeal akan mengekang kolesterol LDL. Anda juga akan menjadi lebih kenyang dan tidak akan makan berlebihan di siang hari. Jika dibutuhkan, Anda bisa memilih snack bar biji bijian sebagai snack di siang atau sore hari.

3. Berjalan-jalan

Berjalan-jalan dapat menjadi opsi yang lebih ringan jika Anda tidak mampu melakukan latihan dalam waktu 30 menit. Aktivitas yang membuat Anda bergerak cukup seperti jalan cepat dapat menurunkan resiko penyakit stroke dan jantung. Anda juga akan lebih mudah menurunkan berat badan, menjaga tulang tetap kuat, dan mengatur stres serta emosi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Usahakan untuk tetap tenang

Stres dan emosi yang tinggi dan tidak terkontrol dengan baik dapat meningkatkan kadar kolesterol. Usahakan untuk tetap tenang dalam segala macam kondisi. Anda bisa mencoba latihan pernapasan dengan menarik nafas dalam-dalam jika merasa mulai stres.

5. Makan sedikit ketika keluar rumah

Selalu jaga porsi makan Anda ketika keluar rumah karena Anda tidak bisa mengetahui kandungan apa saja yang dimasukkan ke dalam makanan tersebut. Jangan sungkan untuk minta makanan dibungkus atau menanyakan opsi yang sehat kepada pelayan restoran.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian penjelasan seputar penyebab kolesterol naik drastis beserta risiko dan cara penangannya. Pastikan Anda memiliki obat kolesterol yang sudah sesuai dengan kondisi Anda.

Anda bisa berkonsultasi dengan tim dokter terpercaya Lifepack dan tebus resep obat secara online. Tebus obat kolesterol seperti Livalo, Crestol, dan lainnya. Lifepack juga menyediakan berbagai macam obat rutin untuk penyakit kronis seperti jantung, hipertensi, dan banyak lagi.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Benjolan Kanker Payudara Letaknya di Mana? Ketahui dengan Gerakan SADARI

obat-penurun-kolesterol

Kolesterol Naik Saat Liburan? Ini 5 Obat Penurun Kolesterol yang Perlu Kamu Tahu

cara-mencegah-kolesterol-naik

Cegah Kolesterol Naik Saat Natal dengan 4 Langkah Ini

makanan-penyebab-kolesterol

Rayakan Natal, Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kolesterol Naik

kardiomegali

Penyakit Kardiomegali: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman